19 November 2019

Cina Lancarkan Provokasi, Vietnam Kerahkan Dua Kapal Rudal

KONFRONTASI-Cina melancarkan provokasi di Laut Cina Selatan. Menghadapi hal itu, Vietnam mengerahkan dua kapal rudal yang dimodifikasi Rusia.

Wakil Menteri Pertahanan Vietnam Truong Quang Khanh mengatakan, kapal rudal baru tersebut menunjukan Vietnam sepenuhnya mampu menguasai teknologi dan teknik pembuatan kapal militer modern. "Dan ini akan meningkatkan kekuatan tempur dan membantu melindungi kedaulatan maritim Vietnam," jelas Khanh, seperti dilaporkan Reuters, Selasa (2/6).

Para ahli militer menilai penguatan kekuatan pertahanan yang dilakukan Vietnam sebagai tanda tekad melawan Cina. Sebelumnya, Vietnam juga pernah bersitegang dengan negeri Tirai Bambu pada tahun lalu.

Cina sebenarnya sekutu ekonomi dan politik yang penting bagi Vietnam. Hubungan keduanya memanas setelah Cina melakukan reklamasi di Laut Cina Selatan, tepatnya di pulau Spartly.

Selain Vietnam, negara lain seperti Filipina, juga menentang reklamasi Cina tersebut. Selain karena klaim sepihak yang dilakukan Cina di perairan tersebut, reklamasi itu juga dikhawatirkan akan berujung pada pembangunan kekuatan militer yang dapat mengganggu keamanan, terutama di Asia Tenggara. [mr/rol]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...