20 September 2019

China Desak Korut Patuhi Resolusi PBB

KONFRONTASI-China mendesak Korea Utara untuk mematuhi dan tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dengan program nuklir dan rudalnya, setelah Pyongyang mengatakan berhasil menguji rudal balistik jarak menengah.

Amerika Serikat telah berusaha meyakinkan China, sekutu utama Korea Utara, agar berbuat lebih banyak untuk mengendalikan Korea Utara yang telah melakukan puluhan peluncuran rudal dan menguji dua bom nuklir sejak awal tahun lalu.

Tindakan tersebut bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Korea Utara tidak merahasiakan rencananya untuk mengembangkan rudal berhulu ledak nuklir yang mampu menyerang AS dan telah mengabaikan seruan untuk menghentikan program persenjataan, bahkan dari China. Mereka mengatakan bahwa program ini diperlukan untuk melawan agresi AS.

"Kami mendesak Korea Utara untuk tidak berbuat apa-apa lagi untuk melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB," kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam sebuah pernyataan yang dimuat di situs Kementerian Luar Negeri pada hari Selasa.

"Pada saat yang sama, kami berharap semua pihak dapat menahan diri, tidak terpengaruh oleh setiap insiden tunggal. Teguh dalam melaksanakan resolusi Dewan Keamanan di Korea Utara dan gigih dengan resolusi masalah ini melalui cara damai, baik dialog dan konsultasi," katanya.

Korea Utara mengatakan pada hari Senin bahwa peluncuran hari Minggu memenuhi semua persyaratan teknis yang memungkinkan dilakukannya produksi masal rudal Pukguksong-2, meski pun pejabat dan pakar dari AS mempertanyakan tingkat kemajuannya.

Pengujian tersebut merupakan yang kedua di Korea Utara dalam seminggu dan pemerintah Korea Selatan mengatakan bahwa hal tersebut menghancurkan harapannya untuk perdamaian di wilayah semenanjung Korea.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...