17 December 2018

Bentrok Pasukan Pro Pemerintah, 35 Meninggal Dunia di Yaman

Konfrontasi - Sedikitnya 35 orang tewas dalam pertempuran antara pasukan pro pemerintah dan pemberontak Houthi di Taiz, Yaman, Sabtu (19/3/2016). 

Seperti dilansir Belfast Telegraph, otoritas setempat mengatakan Houthi berusaha merebut bagian barat dari Taiz, sedangkan koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan puluhan serangan udara untuk mencegahnya. 

Perang sipil di Yaman terjadi antara Houthi dengan pasukan pro pemerintah. Koalisi Saudi memutuskan menggempur Houthi di Yaman via serangan duara sejak Maret tahun lalu. 

Houthi telah menguasai Taiz selama lebih dari setahun, sebelum akhirnya didorong pasukan pemerintah dari wilayah barat pekan lalu. 

Sepekan lalu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry memunculkan wacana adanya gencatan senjata di Yaman, mirip seperti yang sudah diterapkan di Suriah. 

Berbicara di Hafr al-Batin di Arab Saudi, dalam pertemuan dengan Menlu Adel al-Jubeir, Kerry mengatakan kedua kubu sepakat bekerja sama dalam beberapa hari ke depan "untuk mengeksplorasi beragam kemungkinan mengenai adanya sebuah solusi politik (di Yaman). 

"Kami berdua sepakat untuk mencari pendekatan serupa seperti di Suriah, untuk mencoba menerapkan gencatan senjata," tutur Kerry.

"Jadi, kami akan terus mengejar prospek itu, dan kami memiliki sebuah tim yang akan bekerja sama untuk mencapainya," sambung dia. (mtv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...