21 October 2019

Belanda-Rusia Saling Tuduh Soal Kapal Selam

Konfrontasi – Pemerintah Swedia menyatakan angkatan militer Rusia memasuki perairan Stockholm tanpa izin. Swedia mengklaim kapal selam Rusia terdampar di antara Pulau Nattaro dan Danzinger Gatt.

Angkatan laut Swedia memantau sebuah kapal selam diduga milik Rusia yang berada di perairan sekitar 25 kilometer dari ibu kota Stockholm. Namun, pihak Kementerian Pertahanan Rusia balik menyatakan Swedia menemukan kapal selam milik Belanda yang sedang berlatih di perairan Stockholm.

Pernyataan Moskow langsung dibantah keras oleh Belanda. Den Haag meragukan kredibilitas pemerintahan Moskow yang asal menuding negara lain.

Sebagai catatan, perairan Swedia sering dipakai latihan militer kapal selam. Kondisi tersebut diyakini sebagai upaya memancing kesiagaan militer Swedia terhadap serangan negara lain.

“Mereka menguji kesiapan Swedia. Mereka ingin melihat apakah kami terjaga dan mampu mendeteksi. Itu cara untuk menguji keterampilan kami dalam mendeteksi dan melokalisasi,” tulis sumber pemerintah Swedia. 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...