18 June 2019

AS Bantah Bangun Puluhan Basis Militer di Suriah

Konfrontasi - Koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) membantah bahwa pihaknya telah membangun puluhan basis militer di Suriah. Tudingan bahwa AS telah membangun puluhan basis militer di Suriah pertama kali disampaikan oleh Rusia.

"Pernyataan Rusia terbaru ini, bahwa Koalisi sedang membangun banyak basis baru di Suriah adalah palsu dan tidak masuk akal. Kami fokus pada mengalahkan Daesh, tidak membangun kehadiran permanen atau memproyeksikan pengaruh regional di Suriah," kata juru bicara koalisi, seperti dilansir Sputnik pada Sabtu (3/3/2018).

Juru bicara tersebut mengatakan, klaim tersebut kontraproduktif dengan usaha koalisi pimpinan AS untuk mendukung Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang mencakup pejuang Kurdi di Suriah utara.

Sebelumnya diwartakan, Asisten ketua Dewan Keamanan Rusia, Alexander Venediktov menyatakan, AS telah membangun puluhan basis militer di seluruh wilayah Suriah. Hal ini, lanjut Vebediktov, menjadi salah satu penghambat upaya damai Suriah.

Venediktov menuturan, gangguan dari luar, seperti keberadaan pasukan dan basis militer AS, menjadi salah satu penyebab belum terciptanya perdamaian dan stabilitas di Suriah.

"Kembalinya perdamaian dan stabilitas ke Suriah terhambat oleh gangguan eksternal yang berlanjut dalam krisis di Suriah. Misalnya, di wilayah yang dikuasai oleh unit pertahanan diri Kurdistan, sekitar 20 basis militer AS telah dibuat," kata Venediktov. (sndo/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...