17 December 2018

Api Ubah California dari 'Surga' Menjadi 'Neraka'

Konfrontasi - Kota Paradise di California kini berubah menjadi bak 'neraka' usai dilanda salah satu kebakaran terdahsyat di negara bagian California, Amerika Serikat. Paradise, atau Surga dalam Bahasa Indonesia, kini sudah hampir tidak memperlihatkan adanya tanda-tanda kehidupan.

"Kehancuran akibat kebakaran ini luar biasa besar," ucap Mark Nees, salah satu petugas pemadam yang didatangkan dari Oregon ke California.

"Kami telah menghadapi banyak kebakaran hutan dalam beberapa tahun terakhir. Ini adalah yang terburuk menuru saya," lanjut dia kepada kantor berita AFP, Minggu 11 November 2018.

Di pusat kota maupun wilayah pinggirannya, hampir tidak ada lagi rumah tersisa di Paradise. Sebagian besar rumah di kota ini terbuat dari kayu.

Sebagian bangunan terlihat masih utuh, terutama di bagian yang tidak terbuat dari kayu seperti cerobong asap. Terdapat pula sebuah garasi yang secara ajaib tidak tersentuh api.

Seragam merah petugas pemadam dan baju biru dari perusahaan kelistrikan menjadi dua warna cerah di tengah suasana kelam bernuansa abu-abu di Paradise. Sekitar 27 ribu warga Paradise telah dievakuasi, beberapa dari mereka gagal melarikan diri dan meninggal dunia.

Petugas menemukan sejumlah jasad dari rumah maupu kendaraan di Paradise. Presiden AS Donald Trump mengatakan jumlah korban jiwa di California sejauh ini mencapai sebelas orang.

Seorang polisi lokal mengatakan kepada AFP bahwa semua warga Paradise untuk sementara dilarang kembali ke rumah mereka hingga kondisi kembali kondusif. Meski banyak warga memprotes karena ingin kembali, petugas menolak dan memaksa mereka semua untuk berputar balik.

Gubernur terpilih Gavin Newson mendeklarasikan status darurat untuk menyalurkan bantuan ke beberapa daerah terparah dilanda kebakaran di California. Api di California utara ini, yang mulai berkobar sejak Kamis, dinamakan media setempat sebagai "Camp Fire."

Otoritas California mengestimasi petugas baru dapat mengendalikan "Camp Fire" sekitar tiga pekan ke depan. (mtv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...