25 February 2018

Alami Kelainan Aneh, Pria India Tak Pernah Pakai Baju

Konfrontasi - Bagaimana rasanya harus telanjang walaupun kita sendiri malu? Silakan tanya pengalaman tak menyenangkan itu pada Subal Barman. Petani berusia 43 tahun asal India ini mengidap penyakit kulit langka.

Tabloid Mirror melaporkan, Sabtu (29/8/2015), kelainan ini membuatnya akan kulitnya melepuh atau bengkak bila terpapar benang. Artinya, dia tidak bisa memakai pakaian apapun.

"Sejak kecil saya menyadari tidak bisa mengenakan pakaian. Baju atau celana membuat kulit saya serasa terbakar, rasa sakitnya tidak tertahankan," kata Subal.

Kelainan aneh itu baru disadari keluarga Subal, ketika dia menginjak usia tiga tahun. Saban diberi pakaian, penduduk Desa Rajpur, Negara Bagian Bengal ini akan selalu kesakitan.

Dokter baru menemukan penyebabnya saat Subal berusia lima tahun. Sayang, keluarganya yang miskin membuat Subal tidak mendapat perawatan yang laik.

Seiring waktu, Subal akhirnya ke mana-mana selalu telanjang, termasuk ketika bekerja di ladang. Warga desanya pun tidak pernah protes saat Subal yang semakin dewasa memilih telanjang saban hari. "Warga desa sudah tahu saya memiliki kelainan, sehingga tidak ada yang mengejek saya karena tidak berpakaian," ungkapnya.

Karena terpaksa telanjang, bukan berarti Subal lebih suka musim panas dibanding musim dingin. Kulitnya ternyata juga sulit menahan cuaca panas.

"Ketika musim panas saya harus mandi berkali-kali karena kulit rasanya juga seperti melepuh," kata Subal.

Menurut Pakar Kulit Hywel Williams dari British Skin Foundation, kasus Subal sebetulnya bisa disembuhkan. Alergi yang dia derita disebut Dysaesthesia. Seandainya keluarga Subal punya dana, dokter bisa mencari saraf pusat yang membuat tubuhnya sensitif terhadap bahan yang bersentuhan dengan kulit.

Sayang, penyakit ini membuat Subal tidak punya istri sampai sekarang. Dia hidup sebatang kara, setelah ayah dan ibunya meninggal berurutan 12 tahun lalu.

Tapi Subal tidak pernah menyesal punya kelainan kulit. "Saya percaya Tuhan menciptakan saya untuk alasan yang khusus. Di mata-Nya, saya pasti dianggap spesial." (mrdk/mg)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...