9 December 2019

40 Persen Kota Kobane Sudah Dikuasai ISIS

KONFRONTASI-Markas pejuang Kurdi di kota perbatasan Suriah Kobane kini telah dikuasai Jihadis Negara Islam (ISIS). Terkait hal tersebut, utusan PBB pun memperingatkan ribuan orang atas kemungkinan terjadinya pembantaian jika kota itu jatuh ke tangan Jihadis.

Milisi Kurdi pun kini masih terus berjuang untuk mencegah jihadis menutup jalan keluar terakhir untuk warga sipil yang masih di daerah sehingga mendorong peningkatan seruan bantuan militer untuk mereka.

Pesawat-pesawat tempur pimpinan AS telah meningkatkan serangan udara terhadap IS, yang telah menyerang Kobane selama tiga minggu, tetapi Pentagon mengatakan bahwa ada batas untuk apa yang dapat dilakukan tanpa pasukan di lapangan.

Washington juga memperingatkan bahwa serangan militer dapat menyebabkan serangan balasan terhadap AS, Barat dan kepentingan mitra koalisi di seluruh dunia.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, ISIS saat ini menguasai 40 persen kota.

Sementara pertempuran berkecamuk, seorang pembom bunuh diri menyerang ISIS di sebelah barat markas Kurdi di Kobane yang menewaskan dua orang dan 10 orang Kurdi tewas dalam penyergapan ISIS di sisi selatan kota.[mr/JN]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...