14 October 2019

Vitamin A Bisa Turunkan Risiko Kanker Kulit, Benarkah?

KONFRONTASI-Tubuh manusia membutuhkan vitamin A pada kadar tertentu. Selain menunjang fungsi mata, vitamin ini juga berfungsi untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan saking hebatnya, vitamin A juga disebut mampu menurunkan risiko kanker kulit.

Untuk mengetahui fakta di balik anggapan bahwa vitamin A dapat menurunkan risiko kanker kulit, para pakar melakukan penelitian yang menggunakan 125.000 orang Amerika Serikat sebagai responden.

Penelitian yang telah dipublikasikan secara daring di JAMA Dermatology itu menemukan bahwa orang dengan asupan vitamin A yang tinggi memiliki risiko karsinoma sel skuamosa lebih rendah. Karsinoma sel skuamosa adalah jenis kanker kulit yang umumnya terbentuk di area tubuh dengan banyak paparan sinar matahari, seperti wajah dan kepala. Sekitar 11% orang Amerika Serikat mengalami kanker kulit jenis ini.

"Temuan pada studi ini hanya menambah alasan lain untuk melakukan diet sehat dengan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A," kata profesor di bidang dermatologi dan epidemiologi Brown University, AS yang sekaligus menjasi penulis senior pada studi, Eunyoung Cho. 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...