21 April 2018

Tips Biar Daging Cumi Empuk

Konfrontasi - Bicara soal hidangan laut, cumi-cumi tentu menjadi salah satu santapan yang tidak boleh terlewat. Beragam olahan bisa dibuat dari cumi, mulai dari digoreng, dibakar, atau dipadankan dengan hidangan lain.

Namun mengolah cumi tidak boleh sembarangan. Tekstur yang kenyal membuat butuh sedikit keahlian agar tetap empuk ketika disantap. Tapi tak perlu khawatir, Chef William Ghozali punya tips tokcer agar cumi tidak alot.

"Biasanya kalau saya direndam di dalam susu plain tujuannya bikin lebih empuk dan menghilangkan bau amisnya," katanya kepada VIVA, saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat ,15 Desember 2017.

Meski demikian, menggunakan susu secara keseluruhan cukup memakan biaya karena terlalu mahal. Cara lain yang disarankan adalah mencampur susu dengan air putih dan perasan jeruk limau.

"Campuran air dan susunya satu banding satu. Penggunaan jeruk limaunya bisa disesuaikan, kalau enggak mau asam jangan terlalu banyak. Rendam cuma setengah jam sudah cukup," jelasnya.

Sementara itu, untuk memasak cumi jangan terlalu lama. "Intinya (masak) jangan terlalu kelamaan. Kalau ke rumah makan Padang pasti semua cuminya alot. Karena proses memasaknya membuat juice dari cumi ini keluar," katanya. (vv/mg)

Tags: 
Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...