23 February 2020

Pepes Cumi yang Benar-benar Yumii

KONFRONTASI -

Cumi-cumi atau Sotong, termasuk seafood yang menjadi primadona bagi banyak orang. Daging cumi-cumi ini rasanya kenyil terkenal lezat.

Biasanya, cumi-cumi ini dimasak dengan resep masakan Cina atau Eropa. Namun kali ini, Uwak Kampong menawarkan rasa masakan yang berbeda. Uwak mencoba memepes-nya ala masakan nusantara.


Foto/Facebook
Uwak Kampong

Mari kita sediakan bahannya. Sebagai bahan utama sediakan cumi-cumi ukuran kecil sekitar 250 gram. Buanglah hitam-hitam yang ada di tubuhnya, cuci bersih, lalu iris tipis-tipis.

Sediakan telur 2 butir, daun kemangi satu genggam - cuci bersih.

Kupas bawang merah 4 siung dan bawang putih 3 siung, ketumbar setengah sendok teh, kunyit secuil, cabe besar 2 buah dan cabai rawit 5 buah, garam dan gula pasir secukupnya. Semua bahan ini diuleg/dihaluskan jadi satu.

Sediakan pula daun jeruk purut 2 lembar, lalu iris tipis-tipis. Tomat dipotong sedang-sedang. Daun salam untuk alas, daun pisang untuk bungkus pepes.

Jadikan satu semua bahan yang ada; mulai dari cumi, bumbu, irisan daun jeruk, tomat, dan telur. Aduk jadi satu hingga merata. Letakkan di atas daun salam, selanjutnya bungkus rapi dengan daun pisang.

Kalau sudah siap semuanya, kukus hingga matang. Sudah. Selesai.....

Mudah khan!?
Hmmmm....Baunya sedap, rasanya lezat.
Salam leker dari @warongkampong(Juft/Trbn)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...