6 December 2019

Omega 3 Ikan Bagus Untuk Kandungan

Konfrontasi - Kepala Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemkes) Tjandra Yoga Aditama mengingatkan pentingnya mengonsumsi ikan selama masa kehamilan dalam upaya pemenuhan gizi.‎

Sebab, ibu hamil sangat rentan mengalami kekurangan zat-zat gizi, terutama omega–3 yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak janin. Sementara otak akan mengalami pertumbuhan pesat pada minggu ke 20-36 usia kehamilan.

"Ibu hamil sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi ikan, terutama ikan yang mengandung omega-3 tinggi," kata Tjandra Yoga Aditama di Jakarta, Senin (15/12).

Konsumsi ikan yang mengandung omega-3 ini penting dilakukan dalam upaya pemenuhan gizi di 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), yaitu sejak masa konsepsi sampai anak umur 2 tahun. Karena, kata Tjandra, kekurangan gizi pada masa tersebut tidak hanya akan memberikan dampak jangka pendek seperti terjadinya gangguan perkembangan otak dan pertumbuhan serta ‎metabolic programing pada masa kehamilan.

"Dalam jangka panjang, kekurangan gizi akan memberikan dampak terhadap terjadinya gangguan kognitif, pertumbuhan (stunting), dan juga risiko menderita penyakit degeneratif. Sehingga menjaga kecukupan gizi dengan memberikan gizi yang baik selama 1.000 hari pertama kehidupan sangatlah penting," katanya

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...