16 December 2017

Nih Lima Asupan untuk Jaga Kesehatan Otak

KONFRONTASI-Tak dapat dipungkiri otak memiliki yang sentral dalam struktur tubuh manusia. Otak merupakan struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Karenanya, kesehatan otak harus benar-benar dijaga dengan baik.

Seperti dilansir Times Of India, ada 5 makanan yang bisa menjaga dan mencerahkan otak. Apa saja?

1. Almond
Almond menjadi salah satu kudapan yang enak. Sayang, mereka yang diet kerap enggan menikmati kacang gurih ini.

Seperti diketahui, salah satu kacang terbaik ini kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3. Menambah segenggam kacang almond pada makanan Anda secara teratur justru membantu menjaga kesehatan otak.
Untuk hasil yang lebih baik, seseorang juga bisa merendam almond dalam air semalam dan memilikinya di pagi hari.

2. Biji Labu
Biji labu dikenal karena sifat antioksidannya yang kaya. Ini mengandung magnesium, tembaga, besi, dan seng yang akan membantu menjaga saraf tetap sehat. Mengkonsumsi biji labu secara teratur membantu mencegah gangguan neurologis, migrain, epilepsi dan depresi.

3. Alpukat
Alpukat kaya sumber folat dan vitamin K yang membantu mencegah kebekuan darah di otak sehingga mengurangi risiko stroke.
Mengkonsumsi alpukat secara teratur membantu memperbaiki fungsi otak dan memperbaiki ingatan. Ini juga mengandung protein dalam jumlah cukup, tapi rendah kandungan gulanya.

4. Brokoli
Brokoli adalah salah satu sayuran cruciferous yang paling dikenal. Sayuran hijau ini kaya akan vitamin K yang diketahui bisa meningkatkan kekuatan otak. Ini mengandung senyawa yang disebut glucosinolates yang dapat memperlambat pemecahan neurotransmitter, acetylcholine, yang dibutuhkan sistem saraf pusat untuk menjalankan fungsinya dengan benar dan dengan demikian menjaga agar otak tetap sehat.

5. Dark Chocolates
Coklat dengan warna gelap ini kaya akan flavonol, anti-inflamasi dan anti-oksidan. Cokelat hitam yang kurang diproses tidak hanya membantu memperbaiki aliran darah, juga baik untuk jantung dan otak. Mengkonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang membantu menjaga kesehatan otak. [mr/sind]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...