20 March 2019

Minum Jus Jeruk Saat Sarapan, Amankah?

KONFRONTASI-Tidak semua jus buah aman dikonsumsi saat pagi. Salah satu jus buah yang harus dihindari adalah jeruk.

Dokter spesialis gizi Harjanto Fransiskus menjelaskan, buah sitrus yang mengandung vitamin C akan mengakibatkan perut Anda sakit.

Apalagi, jika Anda mengonsumsi jus jeruk sebelum sarapan. Hal tersebut rawan menimbulkan trauma pada perut.

Penderita mag, terutama yang sudah akut, sangat tidak disarankan untuk meminum jus jeruk sebelum sarapan. Sebab, hal itu dikhawatirkan menimbulkan trauma pada dinding lambung.

“Di dalam jeruk, ada kandungan yang bernama psoralen. Nah, kandungan itu butuh waktu delapan jam untuk larut dalam tubuh,” jelas Harjanto.

Psoralenakan berdampak pada kesehatan kulit. Pria kelahiran Jakarta itu menyarankan untuk mengonsumsi jus jeruk saat malam sehingga aman untuk kulit dan memberikan amunisi untuk regenerasi.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Ratih Sari menambahkan, psoralenakan membuat kulit menyerap sinar ultraviolet. Bayangkan saja jika sinar ultraviolet itu banyak diserap kulit. Yang terjadi adalah pigmentasi kulit memburuk. Melanin pada kulit jadi menggemuk.

“Penuaan dini, iya. Kulit juga menjadi lebih gelap,” ujarnya.

Lantas, buah apa yang bisa dikonsumsi saat pagi? Dia menuturkan, Anda bisa mengonsumsi jus tomat. Menurut dia, tomat mengandung oksigen yang banyak sehingga dapat membantu kulit lebih cerah.

Ketika meminum jus, yang harus diperhatikan adalah gula. Anda tak perlu menambahkan gula. Sebab, setiap buah telah memiliki kandungan glukosa. Yang Anda boleh lakukan adalah menambahkan madu, tetapi cukup satu sendok teh saja. Takaran airnya sekitar 200 mililiter.[mr/posat]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...