14 October 2019

Mereguk Manfaat di Balik Minuman Sejuta Umat

KONFRONTASI-Kopi bisa dikatakan sebagai minuman sejuta umat lantaran hampir semua orang pernah mereguknya. Biasanya kopi dikonsumsi pagi hari untuk memulai hari. Ada banyak yang menilai bahwa kopi tak baik untuk kesehatan.

Namun, nyatanya kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan baik karena kopi mengandung banyak antioksidan. Dilansir Boldsky.com, berikut ini 7 manfaat kopi bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin:

1) Meningkatkan Energi
Kafein, salah satu zat yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan energi, kesehatan mental dan juga fisik seseorang. Tak hanya itu, kafein juga memiliki efek positif terhadap daya konsentrasi seseorang.

2) Melawan Depresi
Kopi dapat berperan sebagai anti depresi. Atioksidan yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan mood yang membuat Anda bahagia. Berdasarkan penelitian, mereka yang meminum tiga hingga empat cangkir kopi jarang terkena depresi.

3) Mengurangi Risiko Diabetes
Dengan mengkonsumsi kopi secara rutin, tentu tanpa gula,  dapat menurunkan risiko diabetes 2. Zat polifenol dan asam klorogenik menurunkan risiko diabetes serta meningkan kontrol gula pada pasien diabetes.

4) Membantu Menurunkan Berat Badan
Kopi dapat menekan nafsu makan. Minum secangkir kopi di sore hari dapat membuat Anda tahan untuk tidak memakan cemilan. Kopi bisa bekerja sebagai stimulan serta menyuplai energi serta mengeluarkan panas tubuh sehingga dapat membakar kalori.

5) Melindungi Hati
Antioksidan yang terdapat pada kopi dapat melindungi hati dari peradangan hati yang disebabkan radikal bebas maupun racun. Meminum kopi 2-3 cangkir secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit hati.

6) Baik untuk Jantung
Tak hanya baik untuk hati, kopi juga baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi kopi bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tak hanya itu, kopi juga dapat meminimalisir risiko penyakit stroke hingga 20 persen.

7) Mencegah Alzheimer
Alzheimer biasanya menyerang orang tua. Gejala penyakit ini meningkat akhir-akhir ini. Mengkonsumsi kopi setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit alzheimer hingga 60%.[MR/TMP]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...