15 October 2019

Menelusuri Ragam Kuliner Imlek

KONFRONTASI-Perayaan Tahun Baru termasuk Imlek tidak lengkap tanpa sajian kuliner khas, yang disantap bersama keluarga dan kerabat dekat, yang menyimbolkan keberuntungan dan harapan baik di tahun yang baru, seperti ikan.

Ikan menjadi salah satu sajian khas di setiap keluarga pada perayaan tahun baru Tiongkok, kata juru masak sebuah restoran Yang Yu, di Beijing, Kamis.

Selain tampilan, cara penyajian, dan cita rasa yang lezat, makna keberuntungan dari kuliner yang ditampilkan, juga menjadi hal penting dalam perayaan tahun baru Tiongkok.

Ikan dalam bahasa Mandarin memiliki pengucapan yang sama dengan kata surplus dalam bahasa yang sama. "Sehingga menyajikan ikan, sama dengan berharap keberuntungan yang berlipat di tahun mendatang," katanya.

Makanan khas lainnya adalah beras ketan yang disajikan dalam beragam bentuk dan rasa nian gao. Pengucapan kata nian gao dalam bahasa Mandarin sama dengan kata lain yang berarti berlebih, keberuntungan yang berlebih.

Ada yang membentuk nian gao berupa ikan, dengan harapan mendapat keberuntungan yang lebih di tahun baru.

Sajian lain yang tak ketinggalan adalah aneka tumis sayuran.

Menurut laman kebudayaan Tiongkok, sebagian makanan berbahan sayur yang disajikan dan dikonsumsi saat perayaan Tahun Baru Tiongkok, disebut jai.

Komposisi dari jai juga memiliki makna masing-masing semisal biji teratai, simbol banyak anak laki-laki, atau tunas bambu yang melambangkan harapan kebaikan di tahun yang baru.

Selain sayuran dan ikan, buah-buahan tertentu juga menyimbolkan hal positif dalam perayaan tahun baru Tiongkok seperti jeruk yang menyimbolkan kebahagiaan dan keberlimpahan.

Jika nyonya rumah memberikan jeruk lengkap dengan batang dan daunnya, bermakna persahabatan yang dijalin diharapkan akan langgeng.

"Semoga pertemanan kita berlanjut," kata Liu Zhun, sambil memberikan satu buah jeruk, lengkap dengan batang dan daunnya, kepada Antara, sesaat sebelum dia terbang ke Bali, merayakan tahun baru bersama ibu, tante dan sahabatnya.

Buah lain yang biasa disajikan saat perayaan tahun baru Tiongkok adalah anggur, dan pomelo yang melambangkan keberuntungan, kesejahteraan, kemakmuran, dan kesuburan.[mr/ant]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...