20 April 2019

Kopi Sachet, Sehatkah?

Ilustrasi

KONFRONTASI-Tidak bisa dipungkiri, kopi kini menjadi salah satu pilihan minuman wajib bagi sebagian orang, selain teh dan susu. Kebiasaan ini juga mendorong banyaknya produsen produk kopi sachet yang hadir menawarkan kepraktisan dalam menikmati minuman wangi ini, bahkan dengan harha terjangkau.

Namun sebuah penelitian mengungkapkan, kopi sachet ternyata dapat meningkatkan hipertensi bahkan penyumbatan pembuluh darah. Penelitian ini diungkapkan oleh Ketua Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Jember, Jawa Timur, Profesor Achmad Subagio yang juga merupakan pakar pertanian dan juga pakar pengolahan pangan.

Kata Prof Achmad, kopi instan yang dikemas dan mengandung krimer bisa menimbulkan efek negative dalam tubuh. Kandungan krimer nabati jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang baru akan berpotensi menimbulkan hipertensi dan penyumbatan pembuluh darah.

"Alasannya karena krimer nabati tidak dapat dicerna sempurna oleh tubuh. Peragaan percobaan kecil dengan tiga buah lilin menyala, yang ditaburi krimer nabati di atasnya nyalanya semakin membesar, bukannya mati. Ini karena krimer nabati bersifat eksplosif, mudah meledak atau eksplosif tinggi," jelas Prof Achmad, seperti dalam keterangan tertulis yang redaksi terima, Sabtu (2/9/2017).

Sehingga dapat disimpulkan, jika seseorang banyak mengonsumsi  kopi krimer, sama halnya dengan memasukkan kolesterol kering dalam tubuh, karena susah dicerna oleh tubuh. Sehingga tidak disarankan konsumsi kopi sachet terlalu banyak. "Boleh mengkonsumsi kopi instan, namun jangan banyak-banyak," pesan Profesor penemu tepung Modified Cassava Flour (MOCAF) ini.[mr/netralnews]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...