14 November 2019

Kopi Mampu Tingkatkan Performa Fisik Saat Olahraga

Konfrontasi - Kopi dianggap bisa meningkatkan performa latihan olahraga. Kandungan kafein di dalamnya mampu membantu manusia bekerja lebih keras dan lama. Maka tak heran bila kafein terkandung pula dalam suplemen olahraga.

Temuan didapati oleh publikasi ahli nutrisi pada 2019 dalam Nutrients. Ditemukan bahwa minum kopi sebelun bekerja atau olahraga dapat meningkatkan performa bagi perempuan dan pria. Alasannya, kafein menjadi stimulan bagi sistem saraf pusat.

"Kafein meningkatkan daya tubuh, tingkat kognisi dan fokus," kata ahli nutrisi, Kelly Jones, dilansir melalui Livestrong, Minggu (3/11/2019).

Jones juga mengungkapkan bahwa kopi meningkatkan koordinasi tubuh dan kemampuan mempertahankan fokus saat olahraga. Bahkan minum kopi ikut membantu menyimpan tenaga ketika olahraga.

"Kafein membantu mempercepat glukosa tubuh dan mengganti glikogen. Ini artinya kopi berpengaruh pada penyimpanan energi tubuh ," ujarnya.

Zat kafein pun bisa menurunkan persepsi manusia akan rasa sakit atau pusing saat berolahraga. Hal ini membantu manusia berlatih dengan intensitas tinggi dan mengurangi rasa sakit selama pemulihan. Namun ia mengakui studi lain menunjukkan peningkatan oksidasi lemak selama latihan usai minum kopi.

"Tapi ini bisa saja bukan efek langsung. Jadi mungkin dengan fakta turunnya persepsi rasa sakit, tubuh sebenarnya butuh pelepasan energi untuk kerja tubuh yang berat," jelasnya.

Walau begitu, ia menyarankan agar konsumsi kopi disesuaikan agar tak berpengaruh negatif bagi tubuh.

"Dosis yang tepat sebelum olahraga ialah tiga sampai enam miligram kafein per kilogram dari berat tubuh," ucapnya.

Jones memberikan sedikit tips minum kopi sebelum olahraga. Menurutnya, minumlah kopi dengan mengatur waktunya dengan olahraga.

Kemudian, jangan lupa mengonsumsi makanan berkarbohidrat setelahnya. Peminum kopi juga wajib memonitor jumlah kopi yang sudah dikonsumsi. (rol/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...