22 April 2018

Jangan Buang Tulang Sapi, Yuk Buat Kaldu Lezat dari Tulang Sapi

Konfrontasi - Kebanyakan orang selalau membuang tulang belulang sapi begitu saja. Umumnya kita juga akan berpikir bahwa tulang sapi tak ada gunanya karena tak bisa diolah lagi. Tapi itu tidak sepenuhnya benar. Kita bisa mengolah tulang sapi jadi kaldu super lezat.

Untuk membuat air kaldu lezat, kita perlu sejumlah bahan tambahan seperti daging ayam dan bumbu dapur. Selain itu, proses memasaknya juga memakan waktu cukup lama. Tapi hasil kaldu yang kita dapat nantinya akan sangat nikmat dan sedap.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan, antara lain 2 kg tulang sapi, 450 gram tulang belulang ayam, 4 buah daging ayam bagian sayap, 1 buah bawang bombay (belah jadi 4 bagian), 5 siung bawang putih (digeprek), 4 tangkai daun bawang (potong sepanjang sekitar 3 cm), dan 2 liter air.

Sebagai catatan, air yang digunakan nanti akan berkurang selama perebusan. Dan kita bisa menambahkan volume air sesuai dengan kebutuhan.

Pertama, rebus tulang sapi dan tulang belulang ayam hingga mendidih. Setelah itu saring airnya, bersihkan tulang-tulang yang sudah direbus dengan air mengalir. Kalau kotoran sudah hilang semua, kini saatnya mulai membuat air kaldu.

Selanjutnya, masukkan kembali tulang belulang dalam panci. Tambahkan air hingga semua bahan terendam sempurna. Rebus dengan api kecil saja. Butuh waktu sedikitnya empat jam untuk membuat kaldu hingga berwarna kuning keemasan dan mengental. Selama proses perebusan, air kaldu akan berkurang. Maka cukup tambahkan air lagi hingga nanti air kaldu yang dihasilkan bisa mencapai 2 liter.

Selama proses perebusan ini, kita tak perlu mengaduk-aduk airnya. Jadi cukup membiarkan airnya mendidih dan tuangkan air secukupnya bila diperlukan.

Untuk mengurangi lemak air kaldu, dinginkan dulu air kaldu. Nanti lemak akan mengapung dengan sendirinya dan kita bisa membuang lemak yang tidak kita butuhkan tersebut. Lalu saring kembali kaldu hingga kita bis dapatkan air kaldu yang lebih bening.

Ingin air kaldu bisa digunakan dalam jangka waktu lama? Bisa kok. Caranya dengan membekukannya. Jadi, masukkan air kaldu dalam plastik kecil atau cetakan es batu. Bekukan dalam freezer. Nanti setiap kali kita butuh air kaldunya, cukup cairkan kaldu beku tersebut. Selamat mencoba. (vml/mg)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...