21 November 2017

Inilah Bubur Tsampa, Sarapan Penuh Nutrisi Sang Dalai Lama

Konfrontasi-Tokoh suci dari Tibet ini memulai harinya dengan semangkuk barley panggang yang dicampur dengan teh susu yak. Meskipun tak bisa persis meniru racikannya, bubur penuh nutrisi ini bisa juga Anda racik di rumah.

Bahan utama bubur ini adalah tsampa. Tepung ini dibuat dari barley yang dipanggang dan digiling halus menjadi tepung. Jenis tepung ini umum dikonsumsi di daerah Tibet. Dimasak menjadi beragam hidangan termasuk bubur.

Dalai Lama menikmati sarapan pada pukul 05.30 pagi. Biasanya tsampa dicampur dengan teh panas dan mentega yang dibuat dari susu yak.Rasa tepung yang ‘nutty’ dan wangi berpadu dengan mentega yang gurih enak, membuat bubur ini rasanya lembut gurih.

Untuk meracik sendiri, campurkan 250 ml susu panas dengan 1 sendok teh mentega dan 6 sendok makan tsampa. Tambahkan tepung ini jika suka bubur yang kental. Aduk dengan brown sugar atau madu.

Atau campurkan 250 ml teh hitam panas dengan 1 sendok teh mentega, 6 sendok makan tsampa dan sedikit garam lalu aduk rata. Biasanya orang Tibet membuat adonan ini kental seperti adonan kulit dumpling.

Tsampa bisa saja diganti dengan oatmeal yang digiling halus. Tepung barley dalam sarapan Tibet ini meberi asupan serat dan mineral, sedangkan mentega memberi asupan protein dan lemak. Karenanya sangat mengenyangkan. (W/det)
 

 

 

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...