21 November 2017

Ini Cara Tepat Bersihkan Sayur dan Buah

KONFRONTASI- Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan memang menyehatkan, namun tentunya sangat penting untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum menyimpan atau menyantapnya karena sayuran dan buah memiliki banyak bakteri dan kuman.

Namun, menurut profesor ahli pertanian, Sandria Godwin, Ph.D, bakteri masih bisa tumbuh meskipun setelah sayuran dan buah dicuci bersih.

Maka dari itu, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut agar sayuran dan buah yang Anda makan terbebas dari kuman dan pestisida. 

- Cara menyimpan
Hindari meletakkan buah dan sayuran di kantong plastik. Sebaiknya Anda menyimpannya dalam tas dengan sedikit dibuka resletingnya agar kelembapan sayuran dan buah tetap terjaga. Di sisi lain, cara ini juga mencegah pertumbuhan jamur.

- Cara bilas
Sandria dan tim peneliti ini menemukan bahwa, sayuran dan buah yang dibersihkan dengan benar dapat menyingkirkan berbagai macam bakteri. Anda cukup membilas itu dengan air dingin selama 30 sampai 60 detik. Memang sedikit lama untuk mencucinya. Tapi, perlu Anda ketahui cara ini dapat menurunkan risiko menelan bakteri atau kuman yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit. 

- Cara scrub
Selama dicuci, gunakan telapak tangan Anda untuk menggosok kulit sayuran dan buah dengan lembut untuk menyapu semua bakteri yang ada. Atau Anda juga bisa memakai sikat gigi yang bersih guna membersihkan cela-cela sayuran yang sulit dijangkau seperti brokoli dan kembang kol.

Bahkan, Anda juga perlu membersihkan bagian luar buah nanas, jeruk dan melon. Sebab, ketika buah tersebut dipotong dengan pisau, bakteri yang di luar akan ditransfer ke dalam buah itu. 

- Cara rendam
Kebanyakan buah dan sayuran tidak perlu direndam. Namun untuk sayuran hijau seperti kangkung, lobak dan bayam itu sangat perlu karena bakteri serta kuman melekat pada daun. Rendamlah pada amangkuk yang berisi air bersih selama beberapa menit sebelum dikeringkan. Penelitian juga membuktikan, membilas dan merendam sayuran atau buah menyingkirkan hingga 98 persen bakteri. [mr/metro]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...