21 November 2017

Festival Kopi Senayan Suguhkan Beragam Kopi Gratis

KONFRONTASI-Festival Kampung Kopi dan Kakao yang diprakarsai Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) digelar di Lapangan Parkir Gelora Senayan, Jakarta, Sabtu, 7 November 2015. Beragam jenis kopi dan kakao  unggulan Indonesia disuguhkan, di antaranya Kopi Aceh Gayo, Kopi Tapanuli Utara, dan Kakao dari Bantaeng.

"Para pengunjung dipersilahkan mencicipi berbagai jenis olahan kopi secara gratis," kata Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan APKASI, Nasaruddin di sela-sela acara, Sabtu, 7 November 2015.

Nasaruddin mengatakan Festival Kampung Kopi dan Kakao menyajikan berbagai jenis kopi dan kakao produksi petani dari berbagai kabupaten di Indonesia. Ada sekitar 24 kabupaten berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. "Tujuannya untuk mempromosikan produk kopi dan kakao hasil produksi mereka," ujar dia.

Nasaruddin menjelaskan, sekitar 24 Kabupaten  berpartisipasi dalam  festival tersebut. Selain mempromosikan produk kopi dan kakao, festival ini diharapkan bisa  meningkatkan daya saing daerah Kabupaten di tingkat regional maupun global, terutama untuk  pemasaran dan pengembangan produk kopi dan coklat. "Sebentar lagi kami akan menuju Masayarakt Ekonomi Asean, oleh karenanya kami harus sudah siap bersaing di dunia global," ujar Nasaruddin.

Ia berharap kegiatan Festival yang juga pernah dihelat tahun 2014 lalu itu mampu mendongkrak pasar kopi dan kakao global, mengingat Indonesia sebagai penghasil terbesar ke tiga di dunia. "kami punya potensi besar untuk bisa menjadi penghasil pertama di dunia, asalkan hal tersebut didukung dengan peningkatan produktivitas dari ke dua komoditas tersebut," kata dia.[mr/tempo]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...