15 November 2018

Batagor Sederhana Dan Enak Asli Bandung

Konfrontasi - Batagor biasanya dapat dengan mudah kita jumpai di pinggir jalan atau yang biasa lewat di kota-kota kita. Namun batagornya tidak ada yang seenak bandung! Huhuhu.

Rata-rata isi dari batagor sendiri menggunakan sedikit ikan atau bahkan pernah saya memakan batagor tanpa isi ikan. Memang sih rasanya lumayan, tapi kurang greget kalau tidak ada isinya. Masa sih kita harus rela-rela ke bandung hanya untuk membeli batagor? :

Dan kali ini saya akan membagikan informasi kuliner batagor bandung asli seperti di kota bandungnya. Di sini saya menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Harus dicoba nih!. Yah setidaknya lumayan memenuhi hasrat saya memakan batagor :D.

Sejarah Asal Usul Mula Batagor
Bandung yang terkenal sebagai pelopor batagor ini banyak mempunyai tempat di hati para penggemarnya. Jika kita sedang jalan-jalan ke kota bandung, cobain deh mampir ke tempat kuliner batagor. Yang paling terkenal batagornya adalah "Batagor Riri" yang sangat ramai pengunjungnya. Rasanya? Dijamin tidak mengecewakan!.

Nama batagor awalya singkatan dari kata "Bakso Tahu Goreng" yang kala waktu itu merupakan makanan tradisional khas bandung. Mengenai asal mula terciptanya batagor ini banyak sekali versi ceritanya. Akan tetapi saya akan membahas satu cerita saja ya.

Pada tahun 1973, ada seorang pemuda bernama Ihsan yang saat itu adalah tukang penjual bakso keliling. Ia biasa berjualan keliling di seputaran jalan Kopo, Bandung. Yang namanya berjualan, pastinya kita mengenal sepi dan ramainya pembeli.

Saat itu, pembeli yang datang membeli bakso Ihsan ini tak kunjung tiba, hingga mengakibatkan bakso yang ia jajakan menurun alias kurang laris. Sebelum bakso dan tahunya menjadi basi, ia berfikir keras bagaimanakah caranya membuat bakso dan tahu terjual kembali. Sehingga ia tetap menghasilkan uang dan penjualannya tidak menjadi defisit.

Sejarah Asal Usul Mula Batagor

Muncul sebuah ide bahwa bakso dan tahu harus digoreng, kemudian dibagikanlah kepada tetangganya. Ternyata, respon yang diterima cukup baik dan tetangganya meminta membuatkannya lagi. Melihat responnya, Ihsan mulai menjajakan bakso tahu goreng bersamaan dengan bakso yang biasa ia jual. Alhasil, bakso tahu goreng tersebut menghasilkan banyak peminat yang membeli.

Melihat peluang usahanya cukup besar, maka ia mengembangkan bakso tahu goreng dengan menambahkan aroma ikan tenggiri dengan sambal khusus. Akhirnya masyarakat sekitar menyingkat nama makanan tersebut menjadi "Batagor".

Hingga kini banyak pedagang yang menirunya, terutama pada daerah asalnya, Bandung. Rasanya yang enak, gurih, dan renyah tanpa bahan pengawet :-). (ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...