21 November 2017

Awas, Jangan Berlebihan Santap 5 Makanan Ini, Berakibat Fatal

KONFRONTASI - Banyak orang yang sudah mengerti mana yang termasuk makanan sehat dan mana yang tidak sehat. Makanan sehat memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, namun banyak orang yang terlalu semangat dan memakan makanan sehat terlalu sering.

Mereka berpikir karena ini makanan sehat, mereka bisa makan sesuka hati. Padahal sebenarnya, malah menimbulkan efek samping yang bahaya bagi kesehatan kita jika dimakan terlalu sering. Apa saja makanan sehat tersebut?

Berikut 6 makanan sehat yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan, seperti dilansir dari Cheat Sheet.

1.Jus

Outlet penjual jus memang banyak ditemukan di Indonesia dan banyak juga yang meraih kesuksesan. Menurut CNN, jus adalah cara yang baik untuk mendapatkan vitamin, mineral, dan fitonutrein, tetapi juga bisa membuat tubuh kita berbahaya.

Misalnya jeruk yang diubah menjadi air seperti jus akan kehilangan serat dan nutrisinya. Sehingga, manfaat jeruk tidak sama dengan memakan buah jeruk yang utuh. Jika Anda tidak suka makan buah dan sayuran langsung, jus memang bisa menjadi cara yang ampuh jika dilakukan dengan cara yang benar.

Jangan mencoba jus semua buah menjadi cairan seutuhnya, sehingga Anda masih bisa mendapatkan serat dari biji-bijinya dan nutrisi.
2.Ikan salmon

 Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa ikan salmon sangat baik untuk tubuh. Salmon mungkin menjadi makanan populer di kalangan orang yang menginginkan makanan dengan protein dan lemak omega-3 yang baik.

Namun, banyak ikan salmon yang mempunyai habitat di perairan tercemar. Huffington Post melaporkan bahwa banyak budidaya ikan yang malah membuat kandungan lemak dan kadar polutan tinggi. Konsumsi makanan dengan kandungan lemak omega-3 yang ekstrem malah bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Lemak ini juga bisa meningkatkan risiko kolitis, jenis penyakit pada usus.


3.Biji gandum

 Biji gandum ini memiliki 9 asam amino esensial, sehingga mempunyai protein yang lengkap. Biji gandum ini juga memiliki hampir 2 kali serat biji-bijian lainnya. Selain itu, makanan ini juga bisa melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi, serta yang ada menyebabkan kram dan mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi. Jika Anda tidak minum banyak air, Anda juga bisa mengalami sembelit atau penyumbatan yang membutuhkan operasi.

Biji gandum sepertinya makanan yang pas untuk diet, namun sebenarnya mengandung lebih banyak kalori per porsi dari beras merah.

4.Alpukat

 Nutrisi yang ada di buah alpukat bisa membantu kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Tetapi karena buah ini mengandung lemak yang tinggi, malah bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda memakan alpukat, penting untuk menyeimbangkan dengan makanan lainnya yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa menikmati beberapa iris, tapi jangan mengorbankan makanan sehat lainnya.
5.Minyak kelapa
Minyak kelapa banyak dibahas karena sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Mencampur minyak kelapa di makanan, bisa meningkatkan nafsu makan, sehingga berat badan Anda tumbuh cepat karena lemak di dalamnya.

Berkeley Wellness mengatakan minyak kelapa tidak berpengaruh untuk mencegah alzheimer, sehingga Anda bisa memperlakukannya seperti mentega atau minyak zaitun saja.

Pada umumnya, mengonsumsi makanan sehat memang perlu, namun jangan terpaku kita harus sesering mungkin memakannya.(Juft/Merdeka)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...