22 September 2019

Awas, Bahaya Konsumsi Telur Ayam Kampung Mentah

Konfrontasi - Telur ayam kampung adalah jenis telur yang banyak dikonsumsi masyarakat. Meski kecil ukurannya, telur ayam kampung diyakini oleh sebagian orang memiliki khasiat yang jauh lebih baik dibandingkan telur unggas lainnya. 

Telur ayam kampung disebut-sebut sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan rutin mengonsumsinya, kesehatan jantung lebih mudah terjaga.

Namun, itu ternyata hanyalah mitos. Hal itu diungkapkan Spesialis Gizi Klinis, dr Juwalita Surapsari, Mgizi, SpGK. Menurutnya, menghindari penyakit jantung tak cukup hanya konsumsi telur.

"Itu hanya mitos. Untuk jaga kesehatan jantung, harus hindari konsumsi lemak jenuh dan kolesterol jahat yang keduanya ada di dalam kuning telur ayam kampung," ujarnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne Senin, 29 Juli 2019.

Hal lain yang sering dilupakan masyarakat adalah kandungan kolesterol telur ayam kampung yang tinggi. Karenanya, ia menyarankan untuk membatasi asupan telur ayam kampung untuk menjaga tubuh lebih sehat.

"Kalau belum ada kolesterol tinggi, sebaiknya 1 kuning telur per hari dan putihnya bisa lebih dari 1 karena proteinnya baik untuk kekebalan tubuh. Kalau ada kolesterol tinggi, jangan tiap hari konsumsinya," ujarnya.

Adapun telur ayam kampung oleh sebagian orang banyak dikonsumsi mentah, setengah matang hingga matang. Ternyata, pengolahan dengan cara dimasak matang lebih aman dan memberi manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

"Pertama dalam telur ayam bisa ada kontaminasi salmonela yaitu bakteri penyebab penyakit tipus. Kedua, putih telur mentah mengandung avidin (zat racun) yang juga mengikat biotin (vitamin H larut air). Akibatnya, tubuh tak bisa mencerna dan mengurai vitamin ini dengan baik," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa kekurangan biotin juga berdampak buruk bagi tubuh. "Tubuh yang kekurangan biotin bisa mengalami rambut rontok dan kulit pecah-pecah,” ucapnya. (vv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...