16 December 2017

Anda Ingin Tahu Berapa Banyak Porsi Makan Pesumo?

KONFRONTASI -  Restoran Yanagi-bashi Kadoju yang ada di daerah Mei-eki Minami, dekat Stasiun Nagoya, Jepang, dibuka pasca perang duniapada 1948. Restoran ini menyediakan berbagai menu mulai dari Chanko Nabe (hotpot) masakan yang dicintai pesumo sampai dengan sashimi.

Barang-barang yang Berhubungan dengan Sumo

Begitu membuka pintu restoran, kita dapat melihat berbagai macam barang peninggalan yang berhubungan dengan sumo seperti papan ranking pesumo tahun 1975-an, foto pesumo terkenal, dan banyak lagi. Selain itu, di lantai dua juga ada papan pajangan berisi cap tangan dan tanda tangan pesumo.

 

Restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang. Begitu membuka pintu restoran, pengunjung akan melihat berbagai macam barang peninggalan yang berhubungan dengan sumo.
Restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang. Begitu membuka pintu restoran, pengunjung akan melihat berbagai macam barang peninggalan yang berhubungan dengan sumo. (KARAKSA MEDIA)

Meskipun interior restoran ini sempat direnovasi sekitar 25 tahun yang lalu, namun barang peninggalan ini tetap dibiarkan begitu saja. Sehingga saat memasuki restoran ini seolah-olah kita kembali ke masa lalu.

 

(Baca juga : Jalan-jalan ke Nagoya, Wajib Mampir ke Kedai Mie Ini)

"Barang-barang yang berhubungan dengan sumo yang dipajang di sini merupakan hadiah yang diterima oleh kakek saya saat mengikuti asosiasi supporter sumo, ada juga barang-barang yang diterima dari Yobidashi-san (petugas yang menyampaikan jalannya pertandingan seperti memperkenalkan nama pesumo sebelum pertandingan dan merapihkan tanah di arena tanding)?dari arena sumo Nagoya yang datang makan ke restoran ini," ujar pemilik restoran generasi ketiga.

 

Meskipun interior restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang ini sempat direnovasi sekitar 25 tahun yang lalu, namun barang peninggalan tetap dibiarkan begitu saja.
Meskipun interior restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang ini sempat direnovasi sekitar 25 tahun yang lalu, namun barang peninggalan tetap dibiarkan begitu saja.(KARAKSA MEDIA)

 

Rasa Sup yang Tidak Berubah Sejak Restoran Dibuka

Hidangan andalan restoran ini adalah Kadoju Tokusei Chanko Nabe seharga 2.160 Yen per orang dengan minimal order dua orang. Hidangan ini sudah ada sejak restoran pertama kali dibuka, meskipun saat itu Chanko Nabe bukanlah makanan yang banyak dikonsumsi.

Pemilik generasi pertama tersentuh dengan rasa Nabe ini saat mencobanya di pertemuan asosiasi supporter pesumo pertama kali, dan menjadikannya hidangan di restoran ini.

 

Sup Nabe di Restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang.
Sup Nabe di Restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang.(KARAKSA MEDIA)

Sup Nabe ini dibuat dengan mencampur 7-8 jenis bumbu seperti air rebusan ikan cakalang, shoyu (kecap asin Jepang), koji miso (salah satu jenis tauco Jepang), lada hitam, dan lain sebagainya.

 

Pembuatan sup ini melalui banyak percobaan, pemilik generasi pertama hanya bisa membuat sambil mengingat rasa yang dicoba di asosiasi. Rasa pedas dari lada hitam menjadi rasa khas dari Nabe ini. Rasa sup ini terus dipertahankan dan tidak terpengaruh oleh perubahan zaman.

 

Restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang ini memiliki banyak menu selain Nabe, seperti yakitori (sate ayam Jepang), tempura, dan sashimi ikan tuna yang paling digemari.
Restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang ini memiliki banyak menu selain Nabe, seperti yakitori (sate ayam Jepang), tempura, dan sashimi ikan tuna yang paling digemari. (KARAKSA MEDIA)

Restoran ini memiliki banyak menu selain Nabe, seperti yakitori (sate ayam Jepang), tempura, dan sashimi ikan tuna yang paling digemari.

 

Restoran ini dekat dengan Pasar Yanagibashi, sehingga ikan tuna yang digunakan sangat segar. Setiap pagi dibeli dari penjual ikan yang sudah dikenal dan terpercaya.

Di counter restoran ini disediakan juga obanzai (makanan sampingan) yang dibuat menggunakan sayuran musiman dengan lima sampai enam menu berbeda setiap harinya.

Rasa masakan yang ringan dan berkesan seperti masakan rumahan ini menjadikannya sebagai salah satu menu yang disukai dari restoran ini.

 

Menu sake yang direkomendasikan Restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang ini adalah Sake Muroka Ginju produksi perusahaan Morita yang terdapat di Chitahanto, Prefektur Aichi.
Menu sake yang direkomendasikan Restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang ini adalah Sake Muroka Ginju produksi perusahaan Morita yang terdapat di Chitahanto, Prefektur Aichi.(KARAKSA MEDIA)

 

Sake yang Tidak Melalui Proses Penyaringan

Menu sake yang direkomendasikan dari restoran ini adalah “Sake Muroka Ginju” produksi perusahaan Morita yang terdapat di Chitahanto, Prefektur Aichi.

Sake ini tidak melalui proses penyaringan, sehingga kita dapat menikmati rasa sake yang baru jadi. Sake ini sangat cocok untuk dimakan bersama Chanko Nabe terutama di musim dingin.

Restoran yang tahun ini genap berusia 70 ini kadang didatangi oleh banyak pesumo saat musim pertandingan di Arena Nagoya.

 

Restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang yang tahun ini genap berusia 70 tahun kadang didatangi oleh banyak pesumo saat musim pertandingan di Arena Nagoya.
Restoran Yanagi-bashi Kadoju, dekat Stasiun Nagoya, Jepang yang tahun ini genap berusia 70 tahun kadang didatangi oleh banyak pesumo saat musim pertandingan di Arena Nagoya. (KARAKSA MEDIA)

Suasana zaman Showa (1926-1989) yang tertinggal di dalam restoran dan pajangan sumo dapat menjadi objek menarik untuk dilihat.

 

Informasi Tempat
Alamat: Aichi-ken, Nagoya-shi, Nakamura-ku, Meieki Minami 1-14-19
Akses: jalan kaki 7 menit dari stasiun  Nagoya
Jam operasional: Makan siang  11.30 sampai menu habis (hari Sabtu libur). Makan malam  17.00 sampai menu habis
Hari libur: hari Minggu (Jft/KOMPAS)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...