23 January 2018

7 Khasiat Pisang Bagi Gadis Remaja

Konfrontasi - Buah pisang selain sehat, lezat, dan serbaguna, ternyata memiliki segudang manfaat. Buah kuning ini bisa melakukan tugasnya lebih dari apa yang kita pikirkan.

Di banyak negara, harga pisang cukup terjangkau. Gadis remaja bahkan disarankan makan setidaknya tiga buah pisang per hari. Berikut alasannya, dilansir dari Womanitely, Jumat (27/5/2016). 

1. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian banyak wanita di seluruh dunia. Semakin awal Anda rajin mengonsumsi pisang, semakin panjang peluang Anda untuk hidup sehat.

Pisang berlimpah serat yang baik bagi jantung. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 3,1 gram serat, 1,3 gram protein, dan 422 miligram (mg) kalium. Makan tiga buah pisang sehari mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

2. Mengurangi nyeri PMS

Pisang mengandung vitamin B6 yang mengendalikan kadar glukosa darah sehingga mengontrol suasana hati gadis remaja yang sedang datang bulan alias PMS. Rasa kram perut bisa mereda setelah makan tiga buah pisang sehari. Cobalah teratur mengonsumsinya selama sepekan, mudah-mudahan Anda merasa lebih baik.

3. Mengontrol tekanan darah

Saat ini banyak gadis remaja sudah berurusan dengan tekanan darah di awal usia 20-an. Pisang mengandung kalium tinggi dan rendah natrium. Kalium membantu mengontrol efek natrium pada tubuh Anda dan meningkatkan fungsi ginjal. Mengonsumsi 1.300 mg kalium sehari setara tiga buah pisang adalah cara alami mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Mencegah anemia

Anemia bukan sesuatu yang baru bagi kaum perempuan. Anemia bisa terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Pisang kaya akan zat besi yang merangsang produksi sel darah merah baru. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang membantu mengontrol kadar gula darah. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan anemia. 

5. Menambah asupan magnesium

Wanita membutuhkan 320 mg magnesium per hari supaya bisa tidur dengan baik, suasana hati tenang, dan meningkatkan kualitas kesehatan. Kekurangan magnesium menyebabkan iritabilitas, kelelahan kronis, kecemasan, depresi, kesehatan jantung memburuk, daya ingat menurun, juga kram otot. Tiga buah pisang sehari menyediakan 80 mg magnesium yang membantu Anda merasa lebih baik sepanjang hari.

6. Menyehatkan pencernaan

Pisang kaya akan serat larut dan tidak larut sehingga menjadi nutrisi penting untuk sistem pencernaan sehat. Ini membantu mengatur kecepatan metabolisme tubuh dan menormalkan pencernaan, serta mencegah sembelit. Makan tiga pisang sehari membuat sistem pecernaan sehat dan pinggang ramping.

7. Meningkatkan fungsi otak

Pisang kaya serat, kalium, dan magnesium yang baik untuk otak. Kalium membantu mengalirkan oksigen ke otak, sementara magnesium meningkatkan aktivitas listrik di antara sel-sel saraf otak. 

Makan tiga pisang sehari membantu menajamkan memori otak, meningkatkan konsentrasi, dan akhirnya mencegah penyakit alzheimer. (rol/mg)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...