22 January 2020

5 Makanan Kaya Omega 3 Melebihi Ikan, Mulai dari Biji Kedelai Hingga Minyak Canola

KONFRONTASI -    Lemak omega 3 umumnya dikenal karena khasiat manfaatnya bagi kesehatan. Banyak nutrisi yang larut dalam lemak, yang tanpanya tubuh tidak dapat memberikan manfaat.

Asam lemak omega-3 termasuk dalam kategori asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dan tiga jenis utama termasuk DHA, EPA dan ALA.

Asam docosahexaenoic (DHA) dapat diperoleh langsung dari ASI (ASI), ikan atau minyak ganggang.

 

Asam Eikosapentaenoat (EPA atau juga disebut asam icosapentaenoic) dapat diperoleh dengan makan ikan berminyak atau minyak ikan, misalnya, cod liver, herring, mackerel, salmon, menhaden dan sarden, dan berbagai jenis rumput laut dan fitoplankton yang dapat dimakan.

Asam alfa-Linolenic (ALA), di sisi lain, hanya ditemukan dalam sumber nabati seperti biji chia, biji rami, kacang-kacangan (terutama kacang kenari) dan banyak minyak sayur umum.

Lemak Omega 3 memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan berfungsinya tubuh manusia. Banyak orang yang membeli suplemen omega 3 untuk memenuhi kebutuhannya. Padahal, ada beberapa makanan yang memiliki omega 3 yang tinggi.

 

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs NDTV Food, berikut 5 makanan yang kaya omega-3 dan baik untuk kesehatan tubuh anda.

1.Kedelai (Panggang)

Tidak banyak orang tahu bahwa sumber tanaman ini cukup kaya akan lemak Omega-3. Kedelai memiliki ALA, yang meningkatkan kesehatan jantung.

Faktanya, satu mangkuk kacang kedelai yang dimasak ringan mengandung lebih banyak lemak omega-3 daripada ikan.

Baca Juga: Mufida: Angka Kematian Ibu dan Perceraian Pekerja Migran Memprihatinkan

2.Kacang Kenari

Tambahkan kacang kenari ke dalam hidangan panggang favorit Anda, taburkan pada salad dan sereal, kacang kenari sangat baik dalam segala hal.

Kacang ini tidak hanya memberi Anda banyak manfaat vaskular tetapi juga membantu Anda mempertahankan berat badan ideal seiring waktu.

3.Biji Chia

Biji chia tidak hanya kaya akan omega 3 tetapi juga vitamin, mineral dan serat makanan.

 

Penuh dengan kalsium, protein dan magnesium, biji-bijian ini menurunkan risiko diabetes tipe 2, meningkatkan kinerja olahraga dan juga memberikan manfaat kesehatan bagi otak.

4.Biji Rami

Menjadi sumber terkaya lemak Omega 3, biji rami dianggap sebagai makanan super.

Seringkali digiling atau digunakan untuk membuat minyak, biji kecil ini membantu dalam memerangi kanker, mengurangi mengidam gula dan mempromosikan penurunan berat badan.

Disebut-sebut sebagai minyak goreng paling sehat. Ini lebih murah daripada minyak zaitun dan tahan suhu memasak yang tinggi. Karena kandungan lemak jenuh yang rendah dikatakan bermanfaat bagi kesehatan kita.

Pastikan Anda menambahkan makanan kaya omega 3 yang disebutkan di atas ke dalam diet Anda untuk kehidupan yang sehat di masa depan.(Jft/PR)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...