11 December 2019

5 Cara Mengolah Kayu Manis Guna Kendalikan Gula Darah

KONFRONTASI -   Kayu manis adalah rempah dengan rasa yang khas dan bisa digunakan sebagai pengganti gula. Sehingga tak heran jika kayu manis dipercaya bisa mengontrol gula darah untuk penderita diabetes.

Dilansir dari NDTV, Senin (25/11), kayu manis menawarkan banyak manfaat. Salah satunya untuk membantu mengatasi diabetes. Diabetes adalah penyakit yang merujuk pada tingginya gula darah dalam tubuh. Tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup dan memproses glukosa yang dikonsumsi. Kondisi itu menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Kayu manis mengandung beberapa senyawa anti-diabetes yang membantu menurunkan laju glukosa. Sehingga, bisa meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas. Lalu meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu dalam pemrosesan glukosa.

Kayu manis juga meningkatkan sistem pencernaan. Saluran pencernaan yang sehat akan memproses, mencerna, dan membuang kelebihan gula untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap terkendali.

Resep Kayu Manis Untuk Pasien Diabetes

1. Minumlah Air Kayu Manis

Cara terbaik untuk mengonsumsi kayu manis untuk diabetes adalah minum air kayu manis. Rendam sepotong kayu manis 2 inci atau kulit kayu manis dalam segelas air. Biarkan semalaman dan minum di pagi hari dengan perut kosong.

ILUSTRASI. Nikmati kopi lebih sehat tanpa gula dan tambahkan kayu manis. (Foodal)

2. Ganti Gula dengan Kayu Manis untuk Kue

Kayu manis, dengan rasa manisnya yang ringan, dapat digunakan sebagai pemanis alami dan juga sebagai alternatif gula yang sehat untuk semua jenis makanan seperti kue dan pai, dan juga hidangan manis.

3. Minum Teh Kayu Manis Atau Kopi

Berikan bubuk kayu manis atau batang kayu manis pada teh dan kopi. Rasa kayu manis yang unik, akan membuat minuman terasa lebih enak.

4. Tambahkan Kayu Manis ke Oatmeal

Rebus oatmeal dengan taburan bubuk kayu manis. Anda juga dapat menghindari gula atau madu. Kayu manis akan membuat semangkok sereal terasa enak.

5. Tambahkan Ke Kari atau Masakan Lain

Tumis kayu manis dengan bumbu kering lainnya seperti cengkeh dan merica untuk membuat kari.(Jft/JPNN)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...