25 February 2020

Trik Jitu Berdamai dengan Mertua

Konfrontasi - Setiap manusia diciptakan berbeda. Dari penampilan, suara, karakteristik, perilaku, minat, dan banyak hal lainnya. Sulit untuk menemukan dua orang berjalan beriringan dengan tetap mempertahankan prioritas mereka tanpa adanya kompromi. Terlebih jika terpaut jarak yang cukup jauh. Seperti hubungan anatara menantu dan mertua.

Hubungan ini terbilang cukup rumit. Pasalnya tidak sedikit yang memiliki masalah dengan mertuanya. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman. Namun jangan khawatir, hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa trik mudah yang dapat menciptakan hubungan harmonis antara mertua dan menantu.

Dilansir dari laman Boldsky.com, berikut adalah beberapa trik jitu yang perlu Anda coba untuk menjadi menantu idaman.

1. Menghormati

Ini wajib dalam hubungan apapun. Perasaan hormat, meski tanpa kasih sayang, bisa membuat hubungan pahit terasa dan terlihat jauh lebih baik. Ibu mertua Anda memiliki kepribadian sendiri, tentunya Anda mungkin tidak menemukan kesamaan dengannya. Namun dalam menjalin suatu hubungan itu dibutuhkan rasa hormat.

2. Kenali lagi

Ambil inisiatif untuk memulai obrolan akrab dengannya. Dengan melakukan ini, Anda mendapat kesempatan emas untuk mengenal ibu mertua Anda dengan lebih baik. Mintalah dia untuk membuka tentang masa kecilnya, masa kuliahnya, dan mungkin juga menceritakan bagaiman kehidupan pasangan di waktu kecil.

Dalam kesempatan tersebut, siapa tahu, Anda mungkin mendapatkan beberapa tips bermanfaat tentang apa yang dia harapkan dari Anda.

3. Jangan mengkritik

Terkadang terlihat bahwa ibu mertua mengambil alih rumah dengan wewenang atas segalanya. Pada saat seperti itu, jangan meledak dan mengkritik. Bersikaplah sopan dan katakan kepadanya bahwa Anda memiliki cara sendiri untuk melakukan sesuatu.

4. Dengarkan sarannya

Perlu sesekali Anda meminta saran dari mertua. Namun, untuk hal-hal sensitif yang berhubungan dengan anaknya atau pasangan Anda, harus disampaikan dengan cara yang sangat praktis dan bukan dengan menjelekkan anaknya, yang mungkin justru akan memperburuk keadaan.

5. Sebaiknya tidak bersaing dengannya

Anda adalah Anda. Dalam keluarga, peran Anda tidak dapat dipertukarkan. Jangan pernah mencoba untuk mengalahkannya dan membuat usahanya sia-sia belaka. Jika dia yang pandai menidurkan anak Anda biarkan dia melakukannya. Jangan merasa egois tentang hal itu. Sebenarnya, ini adalah berkah juga bagi Anda.

6. Hangout Bersama

Bagaimana kalau Anda mengajak mertua untuk belanja? Ikatan bisa membaik dengan memilih untuk bersama meskipun hanya untuk berbelanja atau melepas lelah. Anda juga bisa membawanya selangkah lebih maju dengan pergi berlibur, meninggalkan pekerjaan rumah tangga selama satu atau dua hari. (mtv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...