23 November 2017

Psikolog Agus Handini : Harus Bersikap Dewasa

KONFRONTASI -  Terkadang ada istri yang terasa berlebihan dalam mengekspresikan rasa cinta dan sayangnya. Bahkan, sang istri bersikap posesif dan memiliki  rasa takut kehilangan yang berlebihan. Psikolog Agus Handini mengatakan seseorang tak akan pernah kehilangan orang yang dicintai karena pada dasarnya mencintai adalah milik hati. Semua yang dirasakan oleh hati dan bersumber dari hati, tak akan pernah mudah hilang begitu saja.

“Apalagi jika perasaan cinta yang muncul dari hati diikat dalam suatu hubungan perjanjian suci di hadapan Tuhan, keluarga, dan orang terdekat,” kata Agus.

Menurut Agus, perilaku posesif, mengekang, bahkan tak memercayai pasangan justru membuat komitmen rentan kehancuran. Percaya pada pasangan jadi modal awal membangun komitmen yang sehat.

“Komitmen yang dimana suami atau istri merasa diperlakukan, dihargai sebagai orang dewasa normal. Dan, dipercaya dapat menjaga apa yang telah diucapkan, dilakukan dan disepakati bersama,” ujarnya.

Banyak hal yang terjadi ketika seorang istri tak percaya pada suami dan sebaliknya. Ketidakpercayaan ini menyebabkan seseorang merasa dirinya tak memiliki kekuataan atau kepercayaan dari pasangan. Sehingga, ketika membangun komitmen dengan orang dewasa, haruslah bersikap dewasa juga. Cerdas memaknai dan mengenal pasangan.Pasangan bukan benda mati yang bisa dikuasai sedemikian rupa. Pasangan adalah milik keluarga, orang tua, teman-teman, dan milik istri atau suami. Namun, setiap orang tak bisa memiliki dirinya sendiri atau orang lain.

“Sehingga, tak perlu merasa memiliki berlebihan atau berperilaku posesif. Ini adalah perilaku kurang dewasa dan kurang cerdas dalam memaknai suatu komitmen,” pungkasnya.(Jft/Pontipos)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...