14 November 2019

Pra Sekolah Sudah Tampakkan Perilaku Minder Karena Bentuk Tubuh.

KONFRONTASI - Studi dari University of Illnois mengungkapkan bahwa anak-anak usia pra sekolah sudah menampakkan perilaku minder karena bentuk tubuh.

Kenyataan yang menyedihkan. Sebab, ukuran dan bentuk tubuh seharusnya adalah hal paling terakhir yang dikhawatirkan oleh anak-anak, terutama mereka yang berada dalam fase pra sekolah.

Anak-anak semestinya menikmati masa kecil dengan bahagia tanpa rasa resah dan tidak percaya diri karena bentuk tubuh.

Studi melaporkan bahwa 30 persen orangtua dari anak-anak usia dua hingga empat tahun mengatakan, buah hati mereka sering merasa rendah diri karena bentuk tubuh yang dianggap tidak menarik.

Lalu, sebanyak 40 persen orangtua mengaku bahwa anak-anak mereka sudah mulai membahas soal penampilan, busana, dan mengeluhkan komentar orang dewasa terhadap diri tinggi atau berat badan.

Informasi lain yang mengejutkan adalah pemicu dari rasa minder ini berasal dari orangtua.

“Banyak orangtua tidak menyadari bahwa mereka telah memberikan komentar negatif pada anak berkaitan dengan penampilan. Pernyataan sesederhana, celana yang tidak lagi muat karena anak semakin gendut, bisa menyebabkan anak berpikir negatif pada diri sendiri,” urai Janet Liechty, seorang konsultan sindrom kelainan pola makan dan citra diri.

Liechty mengatakan bahwa yang berkaitan dengan masalah berat badan, rasa tidak percaya diri, dan minder pada anak disebabkan oleh orang-orang di lingkungan terdekat mereka.

Lalu, Liechty menyarankan agar orangtua mendukung dan memotivasi anak dengan memberikan edukasi mengenai apa yang bisa dilakukan oleh tubuh yang sehat dan bugar, ketimbang fokus atau mendiskusikan soal penampilan.

“Memang benar pembicaraan atau mengeluhkan fisik anak bisa merugikan, tetapi benar-benar menghindari pembahasan soal citra diri  juga bisa mengisolasi anak. Lakukan pembicaraan yang berimbang antara citra diri dan fungsi tubuh,” pungkasnya. (Juft/ Kcm)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...