14 December 2018

Pilihan Warna Bisa Pengaruhi Psikologis Seseorang

KONFRONTASI-Warna ternyata bisa mendatangkan mood tertentu pada seseorang. Bahkan untuk orang yang sedang depresi, warna cerah bisa membangkitkan semangat.

Warna-warna seperti kuning, merah maupun oranye selalu dianggap sebagai warna yang mendatangkan ceriaan dan membangkitkan mood. Sementara warna gelap dipercaya menciptakan suasana kelabu.

"Kalau bicara warna, warna memang memengaruhi manusia. Itu akan membuat orang punya kesan sendiri. Ini nasehat untuk para galauers, orang depresi biasanya mereka mellow, meratapi diri, orang-orang seperti itu harus bangun dan harus cari warna yang positif warna yang ceria," papar Henny E. Wirawan M.Hum.(MWS), psikolog dan psikoterapi saat berbincang dalam acara "So Klin Bright is You Pop Up Market" di Jakarta.

"Mereka yang depresi jika melihat warna hitam, perasaannya malah makin tertekan. Pakai warna yang merah atau kuning. Ini akan membantu mereka menjalani hidup lebih baik," lanjut dia.

Sementara itu, bagi orang-orang yang mencari sesuatu yang damai atau tenang, Henny menyarankan menggunakan warna seperti biru dan hijau. Sedangkan merah, jingga dan kuning adalah warna bahagia yang bisa meningkatkan rasa percaya diri.

"Warna itu bisa meningkatkan sisi positif seseorang. Memang ada hubungan jelas antara warna dan efek psikologis. Warna yang cerah, terang akan membuat kita lebih lincah dalam bergerak," jelas Henny.

Dia menambahkan, "Tapi memang ada juga orang yang suka dengan warna gelap meski kepribadiannya ceria. Nah kalau untuk orang yang introvert, biasanya mereka suka menggunakan warna-warna netral, warna yang aman."(mr/tar)

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...