19 November 2019

Menengok Kemeriahan Festival Batik Banyuwangi

KONFRONTASI-Bertempat di Taman Blambangan, Banyuwangi, malam puncak pagelaran Banyuwangi Batik Festival (BBF) 2015 berlangsung meriah.

Puluhan model berlanggak lenggok di atas Catwalk untuk memperagakan sejumlah batik dengan motif 'Paras gempal'. Event ini disaksikan ribuan masyarakat Banyuwangi.

Ratusan karya busana batik Banyuwangi motif Paras Gempal ditampilkan dengan memukau dan elegan. Batik Banyuwangi ditampilkan menawan baik oleh pelaku industri kecil menengah (IKM), desainer lokal maupun desainer nasional.

Desain-desain busana batik yang tampil di atas panggung BBF 2015 menunjukkan perkembangan kreativitas yang luar biasa dari para pelaku IKM dan desainer lokal. Sejak digelar pertama kali pada tahun 2013, hingga kini BBF telah mampu menjadi media bagi peningkatan kualitas busana batik daerah.

Selain desainer berkelas nasional dan International, sentuhan dari desainer lokas Banyuwangi juga tak kalah memukau.

Salah satunya adalah karya dari Desainer Lokal Banyuwangi Anita Yuni. Pada malam itu, Yunita menampilkan karya-karya yang bertema Imaginary Angels Sritanjung Soul.

Warna-warni dengan corak yang cerah semakin pas digunakan oleh para model di atas Catwalk. Menteri Perdagangan RI Thomas Lembong yang hadir di malam puncak BBF 2015 ini mengatakan, batik bukan sekedar kain melainkan mencerminkan kepribadian budaya bangsa. Batik juga telah menjadi salah satu identitas warga Indonesia di mancanegara.

"Mengangkat eksistensi batik merupakan pekerjaan yang merepresentasikan budaya dan karakter bangsa. Banyuwangi patut menjadi contoh bagi daerah lain," kata Thomas Lembong.

Malam puncak pagelaran BBF ini semakin meriah dengan hadirnya tiga finalis Puteri Indonesia. Mereka membawakan karya-karya dari Desainer International Priscila Suparto.

Tiga finalis itu adalah Putri Indonesia Anindya Kusuma Putri, Puteri Indonesia 3 yang juga Puteri Pariwisata Gresya Amanda dan Putri Indonesia 4 Laras Maranatha.

BBF 2015 ini semakin meriah dengan kehadiran penyanyi papan atas Krisdayanti dan artis dangdut asal Banyuwangi Danang.[mr/okz]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...