11 December 2017

Karya Kreasi : Busana Muslim Keren dari Cangkang Alpukat dan Bunga yang Dibuang

KONFRONTASI - 

Industri fesyen tanah air terus berkembang dan makin menarik untuk diikuti. Berbagai inovasi disiapkan oleh fashion designer untuk menciptakan karya terbaik. Bahkan, ada desainer yang concern dengan bahan alami dan menjadikannya inspirasi.

Seperti yang dilakukan Ria Miranda, perempuan yang disebut-sebut memiliki pengaruh besar dalam tren busana muslim dan hijab tanah air. Pemilik brand Riamiranda itu menyiapkan lini baru bertema Eco Fashion. Memanfaatkan aneka bahan dari alam. Mulai dari kain, motif, hingga pewarnaan.

"Ria mikir, apa gitu yang unik tapi juga ramah lingkungan,’’ ujar perempuan bernama lengkap Indria Miranda, Kamis (30/11) siang di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat. Eco fashion rancangannya akan diikutkan di Dubai Fashion Week pada 8 Desember ini.

 

Seorang model mengenakan busana muslim eco fashion rancangan Ria Miranda (Yuliani/JawaPos.com)

Perempuan kelahiran Padang, Sumatera Barat, 15 Juli 1985 itu menjelaskan, bahan dasarnya nanti dari serat Eucalyptus. Setelah melakukan trial and error selama tujuh bulan, Ria Miranda akhirnya ditemukanlah warna dan motif pastel yang sesuai keinginan.

"Kainnya dari serat Eucalyptus. Motif bunganya juga dari bunga asli, ngambil dari bunga yang dibuang di (pasar bunga) Rawa Belong. Jadi kita ambil-ambilin sisa bunga, terus digeprek. Diproses. Warna kainnya juga dari cangkang alpukat, makanya warnanya cenderung soft," terangnya.

Lebih lanjut dara manis kelahiran Padang itu menuturkan, setelah dia melakukan beberapa proses uji coba ternyata bahan tersebut memiliki keunikan tersendiri dalam mencuci. Busana yang dia rancang tidak tahan terhadap deterjen.

"Kalau mau dicuci, dicelup-celup air aja sama softener, itu enggak apa-apa. Atau di dry clean. Yang jelas motifnya bakal tetap nempel kalau nggak kena deterjen," urai Ria Miranda.

Dia menambahkan, berbagai warna sebenarnya bisa diaplikasikan pada kain. Sumbernya dari serat-serat rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Seperti kayu manis, jahe, sampai cengkeh..(Jft/Pontianak)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...