11 December 2017

Inilah 5 Aroma tubuh yang jadi tanda awal munculnya penyakit

KONFRONTASI - Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengeluarkan aroma atau bau dari berbagai macam anggotanya. Seperti bau mulut, bau ketiak, bau kaki, atau bau kentut. Umumnya, aroma ini keluar karena kontaminasi bakteri. Namun, menurut sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com, aroma ini bisa jadi gejala awal dari munculnya sebuah penyakit.

Berikut adalah penjelasannya.

1. Bau mulut seperti buah - diabetes

 Bau mulut umumnya disebabkan karena tumpukan bakteri yang bersembunyi di sela-sela gigi atau lubang gigi. Bau yang muncul biasanya sangat busuk sekali.

Nah, jika kamu merasa bahwa bau mulutmu seperti bau buah, ini merupakan gejala awal dari komplikasi diabetes yang disebut dengan ketoasidosis diabetes (DKA). DKA terjadi ketika tubuh mengalami penurunan insulin dan lonjakan gula darah. Kemudian terjadi pembentukan keton dalam darah.

2. Bau kaki - jamur kaki

 Infeksi jamur yang ada di kaki juga bisa membuat kakimu jadi bau. Oleh karena itu waspadai jika muncul lecet, kulit bersisik, atau kulit terkelupas di sekitar jari kakimu. Sebab bisa jadi itu adalah jamur. Jamur ini kemudian terkontaminasi dengan bakteri yang menyebabkan bau kaki.

3. Kotoran bau - intoleransi laktosa

Kotoran bau memang wajar. Namun menjadi tidak wajar saat baunya begitu busuk. Sebab ini menjadi tanda bahwa kamu mengalami intoleransi laktosa.

Saat usus halus tidak bisa mencerna laktosa, maka akan langsung diarahkan ke usus besar. Di sini, bakteri usus akan mengfermentasinya dan menghasilkan bau kotoran yang sangat busuk.

4. Kencing bau - ISK

 Kencing bau juga menjadi hal yang normal. Namun ketika kencingmu sangat bau dan hampir seperti bau bahan kimia, ini bisa jadi gejala dari infeksi saluran kemih (ISK).

Bakteri E.coli akan memasuki saluran kemih dan uretra. Kemudian berkembang biak di kantung kemih, menyebabkan infeksi dan membuat kencing jadi bau.

5. Mulut bau - sleep apnea

 Mulut bau di pagi hari ketika bangun tidur juga menjadi hal yang wajar. Karena mulut tak memproduksi air liur.

Namun saat mulut terus-terusan bau bahkan setelah kamu menyikat gigi, bisa jadi itu adalah gejala dari sleep apnea yang tidak terdiagnosis. Sebab biasanya sleep apnea akan membuatmu merokok berlebih dan kamu jadi mengorok di malam harinya. Tak jarang, mulut akan terbuka dan muncullah bau mulut.

Bau tubuh bisa menjadi hal yang wajar, bisa jadi merupakan gejala penyakit. Oleh karena itu waspadai bau yang keluar dari tubuhmu.(Jft/Merdeka)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...