22 November 2019

Batik Complongan, Cita Rasa Pantura Persembahan Indonesia

Konfrontasi - Batik tulis Complongan khas Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mulai diminati konsumen Singapura. Batik khas warisan leluhur ini juga sudah dikirim ke Amerika dan Eropa. Complongan dalam bahasa Indramayu yaitu melubangi dengan jarum, sehingga kain batik yang sudah bermotif dilubangi.

Batik tulis Complongan merupakan kreasi khas Pantura dengan ciri khas warna natural dan bolongan lubang jarum yang cukup unik sehingga diminati pasar lokal dan ekspor. Parjianto salah seorang perajin batik Paoman Kabupaten Indramayu menyatakan produksi batik Complongan mulai lirik pasar Singapura.

Batik Complongan memiliki keunggulan tekhnik produksi yaitu melubangi kain batik dengan deretan jarum. Model ini menjadi satu-satunya di dunia. Dia menjamin tran Batik Complongan terus berkembang sesuai mode dan mempertahankan ciri khas Pantura yakni garis-garis pantai yang dicampurkan warna natural.

Dari pasar lokal, Batik Complongan umunya dikirim ke Bandung dan Jakarta. Industri mikro ini menjadi industri kedua yang berperan bagi ekonomi Indramayu setelah sektor perikanan. 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...