26 May 2019

7 Cara Hilangkan Bau Rambut

KONFRONTASI-Banyak faktor yang bisa menyebabkan rambut mengeluarkan aroma tak sedap, diantaranya kulit kepala berminyak, ketombe, kotoran, debu, menggunakan terlalu banyak produk rambut berbasis bahan kimia, kekeringan pada kulit kepala dan sebagainya. Lalu bagaimana mengatasinya? Seperti dilansir Boldsky, gunakan saja obat rumahan! Berikut ulasannya.

1. Minyak Mimba
Mimba memiliki sifat antimikroba yang menghilangkan mikroba penyebab bau dari kulit kepala Anda. Bahan: 1 sdm minyak nimba dan, 1 sdm minyak jojoba. Cara melakukannya; campurkan beberapa minyak nimba dan beberapa minyak jojoba dalam mangkuk dan campur bersama-sama. Celupkan bola kapas ke dalam campuran dan oleskan di kulit kepala.

Biarkan selama sekitar setengah jam dan kemudian cuci bersih. Ulangi kegiatan ini sekali atau dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

2. Minyak jarak
Minyak jarak mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang membantu melawan infeksi kulit kepala, sehingga mengurangi bau rambut.

Bahan yang digunakan 2 sdm minyak jarak. Sementara, cara mengaplikasikannya, yakni tambahkan sedikit minyak jarak ke dalam mangkuk. Celupkan bola kapas ke dalam minyak dan oleskan ke kulit kepala Anda. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian cuci dengan sampo dan kondisioner biasa.

Perhatikan bahwa minyak jarak lengket dan karenanya perlu dicuci menggunakan sampo ringan. Keringkan rambut secara alami. Gunakan minyak ini untuk kulit kepala sekali atau dua kali seminggu.

3. Jus lemon
Lemon memiliki sifat antibakteri yang membantu memerangi infeksi kulit kepala yang menyebabkan bakteri sehingga mengurangi bau tak sedap. Lemon juga mengobati ketombe.

Bahan: 2 sdm jus lemon dan 1 cangkir air hangat

Cara melakukannya; tambahkan jus lemon ke dalam secangkir air hangat. Cuci rambut dengan campuran dan biarkan selama beberapa menit. Bilas rambut dengan air normal sekali lagi. Gunakan jus lemon ini seminggu sekali untuk hasil yang diinginkan.

4. Cuka sari apel
Cuka sari apel (ACV) memiliki sifat antibakteri yang membantu membunuh bau dan bakteri penyebab infeksi. Bahan-bahannya, ½ cangkir cuka sari apel (ACV) dan 2 gelas air.

Cara melakukannya; campurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan air. Cuci rambut dengan sampo ringan, kemudian gunakan campuran ACV ini untuk pembilas akhir.

Bilas rambut sekali lagi dengan air normal dan biarkan hingga kering. Gunakan campuran ini pada kulit kepala sekali atau dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

5. Jus Tomat
Jus tomat membantu menyeimbangkan dan menjaga keseimbangan pH kulit kepala bersama dengan membantu menghilangkan bau kulit kepala dan rambut.

Bahan yang digunakan 1 tomat dan cara melakukan cukup mudah, ambil mangkuk. Peras jus dari tomat dan oleskan ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama sekitar 30 menit. Kemudian bilas dengan air normal. Gunakan sekali atau dua kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

6. Jus Bawang
Bawang mengandung belerang yang membantu melawan bakteri yang menyebabkan rambut berbau. Ini juga mengurangi sifat manis mulut di kulit kepala dan menjauhkannya dari segala jenis infeksi. Selain itu, mengoleskan jus bawang ke kulit kepala membantu mengurangi kebotakan.

Bahan: 1 cangkir jus bawang

Cara melakukan; Giling bawang dan ekstrak jusnya. Pindahkan ke mangkuk, oleskan jus bawang ke kulit kepala, pijat dengan lembut, dan biarkan selama beberapa menit. Bilas rambut Anda dengan air normal. Gunakan seminggu sekali untuk hasil yang diinginkan.

7. Lidah buaya
Salah satu cara paling direkomendasikan untuk merawat rambut berbau dan meningkatkan pertumbuhan rambut adalah gel lidah buaya. Bahan rumahan yang satu ini juga mengurangi ketombe dan merawat kulit kepala berminyak. Lidah buaya juga bertindak sebagai kondisioner rambut alami.

Untuk mengaplikasikannya, bahan yang digunakan hanya 2 sdm gel lidah buaya. Caranya, keluarkan gel lidah buaya dari tanaman lidah buaya dan tambahkan ke mangkuk. Keramas rambut terlebih dahulu lalu oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut.

Pijat selama beberapa menit dan biarkan selama lima menit. Cuci dengan air normal dan gunakan sekali atau dua kali dalam seminggu untuk hasil yang diinginkan. [mr/snd]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...