22 September 2019

Ron "Bumblefoot" Ajari Teknik Memilih Gitar

Konfrontasi - Ron "Bumblefoot" Thal gitaris dari kelompok musik rock legendaris Gun 'n Roses mengajarkan beberapa teknik memilih gitar elektrik sesuai dengan kebutuhan dalam acara bedah gitar yang berlangsung di Jakarta, Kamis (16/4).

Menurut Ron, gitar elektrik pada dasarnya harus sesuai dengan jenis musik dan selera bagi para pemainnya.

"Tidak semua gitar bagus bisa dimainkan dengan baik oleh para penggunanya, semua tergantung pada selera mainnya," katanya.

Pada dasarnya gitar yang baik adalah yang sesuai ukuran tangan dan kebutuhan pemain tanpa terpaku pada mereknya.

Sedangkan pemilihan penggabungan dua gitar menjadi satu atau "double neck" untuk gitarnya disebut Ron karena ia memang membutuhkan suara yang berbeda dalam sekali waktu.

"Gitar saya ini sangat berat, karena dua gitar yang menjadi satu, jangan dicoba untuk para pemula," kata Ron Bumblefoot menjelaskan.

Gitarnya terdiri dari dua jenis yaitu yang tidak mempunyai titik tekan atau fretless serta satunya yang memiliki titik tekan atau mempunyai garis fret.

Fungsi dari fretless adalah untuk menghasilkan suara elektrik keras (distorsi) yang lebih halus ketika ditarik atau slide.

Sedangkan untuk yang mempunyai fret lebih menghasilkan nada (tone) yang lebih jelas.

Selain itu, pemakai gitar disebutnya harus mempertimbangkan pemilihan efek pendukung.

Untuk kali ini, Ron memilih memakai Vox Stomplab IIG karena merupakan efek gitar elektrik yang jenis digital.

"Efek digital pilihan variasi suara lebih banyak, namun akan sedikit sulit pengaturannya, silakan mempertimbangkan kebutuhan suara yang dipakai saja," katanya. (akl/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...