25 May 2019

Pandangan Hotman Paris di Kasus Narkoba Tora Sudiro

Konfrontasi - Pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea mempunyai pandangan lain soal kasus narkoba yang membelit aktor Tora Sudiro. Hotman menilai Tora Sudiro tidak bisa dipidana dengan undang-undang narkoba. 

Menurut Hotman, jenis obat yang digunakan Tora, yaitu Dumolid, merupakan obat penenang yang sah diproduksi dan diperjualbelikan.

"Sejak kapan di negeri ini, memakai dan menyimpan obat penenang yang dibeli tanpa resep diberi pidana? Dumolid itu obat penenang resmi, bukan narkoba," kata Hotman dikutip dari Tempo, Sabtu, 5 Agustus 2017.

Hotman menjelaskan, mengkonsumsi Dumolid dengan atau tanpa resep, tidak serta merta menjadikan obat tersebut sebagai narkoba. Ia menuturkan, menggunakannya dengan dosis berlebih juga bukan suatu tindak pidana. 

"Membeli obat tanpa resep itu salah, tapi bukan tindak pidana. Apalagi kalau disebutkan pemakai sejenis narkoba. Tidak bisa disamakan karena memang obat," ujarnya.

Menurut Hotman, banyak obat seperti Dumolid yang mengandung unsur psikotropika dan sah diperjualbelikan. Ia juga menilai, tidak ada undang-undang yang menyatakan bahwa Dumolid adalah obat terlarang. "Kalau pun iya (obat terlarang) kenapa diedarkan di apotek?" katanya.

Pasangan selebritas Tora Sudiro dan Mieke Amalia sebelumnya  ditangkap polisi pada Kamis, 3 Agustus 2017, atas dugaan kepemilikan Dumolid. Tora dijerat dengan pasal 62 UU Nomor 5 Tahun 1997 terkait kepemilikan 30 butir Dumolid yang ditemukan di rumahnya. (tmp/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...