28 March 2020

Novel Legendaris Harry Potter Dapat Mengubah Orang Menjadi Baik

KONFRONTASI -  Harry Potter adalah salah satu kisah fiksi yang sangat terkenal dan disukai oleh banyak orang. Tetapi ternyata membaca kisah tersebut dapat membuat orang mendapatkan berbagai hal selain kesenangan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa membaca Harry Potter dapat membuat seseorang memiliki sikap yang lebih baik dan terbuka terhadap kelompok lain.

Dilansir dari Debrief, sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Applied Social Psychology menemukan bahwa membaca seri buku Harry Potter dapat meningkatkan persepsi remaja terhadap kelompok masyarakat lain. Kesimpulan tersebut didapat setelah serangkaian penelitian yang dilakukan terhadap siswa sekolah di berbagai tempat.

Penelitian pertama dilakukan di Italia terhadap 34 siswa sekolah dasar. Pada penelitian tersebut dilakukan sebuah pelajaran intensif enam minggu membaca buku Harry Potter. Setelah itu para siswa tersebut diminta mengisi sebuah survei tentang imigran dan lalu dibagi menjadi dua kelompok. Pada kelompok yang satu mereka diminta membahas masalah prasangka dan kebencian terhadap imigran sedangkan yang lainnya tidak. Diketahui bahwa siswa tersebut jadi memiliki persepsi dan pandangan yang bagus mengenai imigran ketika mereka membaca Harry Potter.

Penelitian kedua dilakukan terhadap siswa SMP di Italia dan diketahui bahwa siswa yang memiliki kedekatan emosional dengan tokoh Harry Potter memiliki persepsi yang lebih positif terhadap LGBT. Pada penelitian ketiga, penelitian dilakukan terhadap mahasiswa di Inggris dan menemukan bahwa siswa yang tidak suka terhadap tokoh Voldemort menunjukkan keterbukaan dan sikap yang baik terhadap pengungsi.

Dari tiga penelitian tersebut diambil kesimpulan bahwa membaca Harry Potter dapat membuat seorang anak atau remaja memiliki sikap yang lebih baik terhadap kelompok-kelompok terpinggirkan. Kondisi tokoh-tokoh protagonis dalam seri tersebut adalah penyebab munculnya sikap-sikap positif tersebut.  (Juft/Merdeka)  

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...