22 August 2019

India Gelar Festival di Makassar

Konfrontasi - Festival India di Indonesia digelar di Baruga Pettarani, Universitas Hasanuddin, Makassar dengan sejumlah atraksi seni budaya dan pameran.

"Ini merupakan rangkaian festival India yang digelar di Makassar di sejumlah provinsi," kata Konjen India untuk Indonesia Amarjeet Singh Takhi pada pembukaan festival di Unhas, Makassar.

Menurut dia, festival serupa sudah dilakukan di Jakarta dan Bali. Khusus di wilayah Kawasan Timur Indonesia (KTI), Makassar menjadi kota pertama yang dikunjungi sebelum ke kota lainnya di antaranya Manado dan Banjarmasin.

Pada pagelaran sendratari dari seniman India, ditampilkan tarian penghormatan kepada Dewa Krisna, dilanjutkan volk song dan tari dari mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM).

Kemudian suguhan tari tradisional India pun dilakonkan oleh enam penari jelita dengan mengenakan sari gemerlap serta asesoris tarian yang membuat penonton takjub.

Sementara itu Wakil Rektor IV Unhas Prof Dr Budu mengatakan, pihaknya sangat senang mendapat kunjungan dan sekaligus pementasan seni dan budaya dari negara sahabat India.

"Dengan tema festival Sahabat India ini, diharapkan semakin mempererat hubungan kerjasama antarnegara, khususnya kerjasama budaya dan pendidikan," katanya.

Dia mengatakan, saat ini Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu sedang berada di India untuk melakukan kerjasama di bidang pendidikan.

Selain pejabat rektorat dan fakultas yang hadir, turut hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudaan Kota Makassar mewakili wali kota. Sementara itu, sedikitnya 1.000 penonton dari kalangan mahasiswa memenuhi Baruga AP Pettarani yang menjadi lokasi festival India. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...