25 August 2019

Bintang Bollywood Ajaz Khan Diciduk Polisi Gara-gara Sebar Video Tik Tok

KONFRONTASI-Seorang bintang Bollywood ditangkap oleh Kepolisian Siber Mumbai atas tuduhan menyulut permusuhan antara dua kelompok agama berbeda melalui sebuah video TikTok yang menyebar di media sosial.

Ajaz Khan, seorang aktor yang membintangi beberapa film dan sinetron di televisi India dilaporkan oleh Ramesh Solanki, seorang pekerja Shiv Sena (organisasi politik nasionalis Hindu) ke polisi atas dua video yang diunggah pada 9 Juli. Dalam video tersebut, Khan mendiskusikan penganiayaan brutal yang berujung pada kematian seorang pemuda Muslim India, rekaman saksi mata yang menjadi viral dan memicu kemarahan di seluruh India.

Korban penganiayaan itu, Tabrez Ansari dilaporkan disiksa selama 12 jam sebelum ia diserahkan ke pihak berwenang. Pemuda berusia 24 tahun itu kemudian meninggal karena luka-lukanya saat dalam tahanan setelah tidak diberikan perawatan medis.

Khan ditangkap pada Kamis dan akan muncul di pengadilan pada Jumat untuk menghadapi dakwaan berdasarkan hukum pidana India terkait dengan niat bersama, mendorong permusuhan dan mengirimkan materi yang tidak menyenangkan. Dia menghadapi denda Rs5.000.000 (sekira Rp1 miliar) atau hukuman lima tahun penjara jika terbukti bersalah.

"Video pertama adalah tentang dugaan hukuman mati tanpa pengadilan atas warga Jharkhand, Tabrez Ansari, di mana ia menghasut seluruh komunitas untuk bersatu dan membalas dendam. Khan juga terlihat membuat pernyataan menghina terkait para pemimpin politik negara dalam video yang sama,” kata seorang perwira senior Kepolisian Mumbai sebagaimana dilansir RT, Sabtu (20/7/2019).

Dalam video kedua, Khan dilaporkan mengkritik penyelidikan polisi terhadap video TikTok serupa tentang hukuman mati tanpa pengadilan yang terjadi.

"Kami menemukan video itu memiliki konten yang tidak pantas terutama mempromosikan permusuhan antara berbagai kelompok dengan alasan agama dan kebencian di kalangan masyarakat luas," kata juru bicara Kepolisian Mumbai, DCP Manjunath Singe kepada AFP.

Khan tidak asing dengan kontroversi: Pada Mei, ia ditahan oleh polisi karena diduga menyerang dua orang di sebuah peragaan busana di Mumbai. Dia juga dilaporkan ditangkap Oktober tahun lalu karena diduga memiliki narkoba.[mr/okz]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...