24 November 2017

Usaha Penjualan Online, Solusi Bagi Kaum Wanita yang Ingin Berbisnis dari Rumah

Konfrontasi - Kaum wanita kerap dihadapkan dengan pilihan sulit ketika tiba saatnya melahirkan. Agar lebih fokus mengurus anak di tahun-tahun awal pertumbuhannya, banyak wanita yang resign dari pekerjaannya sebagai pegawai kantoran. Ketika sudah menjadi full time mom, kadang akan terbersit rasa bosan.

Ingin juga rasanya punya penghasilan tetap setiap bulan seperti saat masih menjadi pegawai kantoran dulu. Salah satu solusi terbaik untuk menjawab kerisauan para ibu rumah tangga ini adalah dengan menjalankan usaha kecil-kecilan. Jika dulu saat ingin memulai usaha kerap terkendala urusan modal, untung sekarang masalah itu bisa lebih dikesampingkan.

Berkat tersedianya platform online marketplace yang notabene gratis, modal untuk memulai usaha sekarang tidak perlu terlalu besar. Modal yang diperlukan hanya PC/laptop, koneksi internet, modal uang dan stok barang yang ingin dijual. Tidak perlu lagi menyiapkan modal besar untuk sewa tempat, bayar listrik, gaji pegawai, dll.

Seperti yang dilakukan oleh Putri Wanna – pemilik lapak online IndoDealz. Awal ia merintis bisnis di Bukalapak.com pada September 2014, pegawai full time hanya ada 1 orang yaitu Putri sendiri. Ia dibantu 1 orang pegawai part time yang tak lain adalah sang suami. Dalam waktu setahun, IndoDealz sudah berhasil mempekerjakan 4 karyawan.

Dulu, Putri bekerja di perusahaan akuntan publik ternama di Jakarta. "Sebenarnya sudah sejak 3 tahun yang lalu teman saya mengajak berjualan online. Namun pada saat itu saya masih ragu dan takut. Saya masih belum yakin bahwa dengan berjualan online dapat memberikan penghasilan bulanan yang menjanjikan dan stabil seperti bekerja kantoran," cerita wanita kelahiran 33 tahun lalu itu.

"Puncak dari semuanya adalah ketika anak perempuan saya lahir pada tahun 2014. Saya ingin punya waktu lebih banyak dengan anak saya. Kebetulan lingkungan kerja saya saat itu memang terkenal dengan jam kerja yang lumayan panjang. Lembur di kantor sudah jadi pekerjaan sehari-hari. Dari situlah saya memutuskan untuk memulai berjualan online dengan modal awal kurang dari Rp 20 juta," ungkap Putri.

Awalnya IndoDealz hanya menjual alat kesehatan, aksesoris sepeda dan aksesoris mobil. Seiring perjalanan waktu dan bertambahnya modal untuk diputar, IndoDealz mulai menjual kamera dan perlengkapan hobi seperti drone. Sekarang lapak milik Putri sudah melayani 50 – 100 transaksi per harinya!

Mengenai keamanan pembayaran, Putri mengaku sangat puas dengan layanan dan sistem yang diterapkan Bukalapak.com selama ini. "Penarikan dana dari sisi penjual juga lumayan cepat (hanya 2 x 24 jam). Tidak seperti beberapa marketplace online lain yang kadang membutuhkan waktu 1 – 2 minggu untuk penarikan dana. Hal ini dapat menjadi kendala bagi penjual baru yang belum mempunyai cadangan kas dalam nominal yang besar," papar Putri.

Lebih lanjut Putri mengungkapkan merasa aman karena uang sudah berada di pihak Bukalapak begitu pembeli melakukan pembayaran. Hal ini dapat melindungi penjual dari pembeli yang berniat menipu. Tidak ada ruang bagi pembeli untuk membawa lari uang. Begitu juga sebaliknya, hal ini juga dirasakan oleh pihak pembeli, dimana uang dapat dikembalikan ke pembeli apabila terdapat penjual yang tidak mengirimkan barang. (dtk/mg)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...