22 January 2018

Tips Menabung Saham Bagi Pemula

Konfrontasi - Tabungan saham adalah salah satu solusi cerdas untuk melakukan investasi jangka panjang. Apabila dicermati, menabung saham tidak seseram dan sesulit yang dipikirkan oleh orang kebanyakan. Bahkan tabungan saham adalah salah satu instrumen investasi yang paling terjamin.

Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui kemudahan serta manfaat yang didapatkan dari menabung saham. Perencana Keuangan sekaligus Managing Director Rula Fioney Sofyan Ponda memberikan tips bagi pemula yang ingin menabung saham adalah dengan mengalokasikan dana investasi sesuai dengan budget yang dimiliki.

“Berinvestasilah sesuai dengan isi dompet, termasuk dana yang ada di ATM, kalau belum paham dapat bertanya kepada ahli atau perencana keuangan, setelah itu kita dapat membuka rekening di sekuritas pilihan” ujarnya dalam acara Kartini Expo 2017 di Gedung Bursa Efek Indonesia, Sabtu, (22/4/2017).

Dengan berkonsultasi dengan perencana keuangan atau pengamat saham, pemula mendapatkan rujukan saham yang sesuai dengan karakteristiknya. Misalnya, orang yang tidak terlalu kuat terhadap tekanan, dapat menyesuaikan dengan saham berfluktuasi stabil. Sedangkan bagi mereka yang mempunyai mental kuat dapat memilih saham-saham dengan potensi bearish bullish yang lebih tinggi.

Perempuan yang akrab disapa Ony ini juga mengatakan bahwa memilih saham secara sederhana dapat dengan melihat produk-produk yang familiar di sekitar kita.

“Masuk dapur ada apa saja barang-barang di dalam dapur, misalnya mi instan. Masuk ke kamar mandi apa saja produk di kamar mandi ada pasta gigi, sabun, itu perusahaannya mana saja yang mengeluarkan produk tersebut. Sudah tahu seperti itu kenapa kita tidak beli sahamnya,” sarannya.

Sebagai konsultan keuangan dia juga menyarankan bahwa tabungan saham dapat memberikan timbal balik yang tinggi dalam jangka panjang. Dengan syarat, investor dapat memilah dengan cermat perusahaan tempatnya berinvestasi. Kepada pemula, Ony menyarankan untuk membeli saham-saham perusahaan BUMN, perbankan, serta barang konsumsi.

“Di jalan supaya tidak marah-marah maka beli saja saham perusahaan pengembangnya misalnya Jasa Marga, Wika, Adhi. Begitu proyeknya selesai siapa yang menerima profit. Kita,” tambah dia.

Guna mendorong penambahan jumlah investor di pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia mengadakan Kartini Expo 2017 dengan tajuk ‘Kartini, Yuk Nabung Saham!’. Acara ini mengangkat konsep Perempuan Cerdas Investasi (beauty, smart, independent, and investing). Kartini Expo 2017 diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April ini diadakan selama tiga hari, Jumat-Minggu 21-23 April 2017 di Main Hall BEI.

Kartini Expo akan dihadiri sekira 500 peserta selama berlangsungnya acara dari kalangan calon investor (profesional, ibu rumah tangga, dan entrepreneur), investor pasar modal, pelaku pasar modal, mahasiswa, masyarakat umum, dan media. (oke/mg)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...