23 May 2019

Prospek Ekspor Produk Ikan Kayu Makin Menjanjikan

KONFRONTASI-Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jenny Karouw mengatakan kinerja ekspor daerah tersebut terhadap produk ikan kayu ke negara sahabat Jepang semakin menjanjikan.

"Kinerja ekspor ikan kayu ke Jepang semakin menjanjikan, ditandai pada pekan terakhir Juni Sulut kembali mengekspor ikan kayu ke Jepang sebanyak 25 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 18.850 yen, "kata Jenny di Manado, senin.

Menurut Jenny, Jepang merupakan tujuan utama dan potensial ekspor ikan kayu asal Provinsi Sulut, kemudian Amerika Serikat.

Di Jepang, katanya, ikan kayu diolah kembali menjadi berbagai produk pangan khas negara itu, selain juga diolah menjadi bahan makanan yang paling diminati.

"Produk ikan kayu, telah diproses melalui pembakaran pada suhu tertentu sehingga dihasilkan komoditas sudah mengeras seperti kayu, tetapi tahan meski disimpan lama," katanya.

Ikan kayu asal Sulut memiliki ciri khas berbeda dengan daerah lain, karena rasa dan tekstur ikan dengan kualitas baik.

Selain negara-negara Asia, tujuan ekspor ikan kayu asal Sulut, adalah Eropa, Afrika dan Amerika Serikat.

Pemerintah akan terus memfasilitasi para pengekspor asal Sulut, agar mampu memenuhi permintaan pasar luar negeri dan negara tujuan semakin banyak, katanya.

Selain tujuan utama pengiriman ikan kayu, Jepang menjadi tujuan ekspor produk perikanan lainnya serta kelapa dan turunannya seperti tepung kelapa dan juga biji pala, katanya.[mr/rol]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...