1 May 2017

Perencanaan Keuangan: Jangan Besar Pasak daripada Tiang

JAKARTA-Masyarakat modern dituntut untuk selalu aktif agar tidak ketinggalan dalam hal apapun baik dari segi pendidikan maupun keuangan. Menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat juga menjadi syarat utama untuk meminimalisasi risiko yang akhirnya menjadi beban pengeluaran.

Demikian disampaikan oleh Direktur AXA Financial Indonesia Nina Ong, dalam kegiatan diskusi dengan tema Solusi Perencanaan Keuangan bagi Perempuan Modern & Dinamis di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Dalam diskusi tersebut, turut hadir sebagai pembicara Shinta Ayu Handayani, ibu sekaligus manager dari desainer remaja yang mendunia, Rafi Ridwan. Shinta dalam kesempatan itu berbagi tips, bagaimana mengatur perencanaan keuangan khususnya bagi perempuan modern dan dinamis.

Bagi Shinta, memiliki tiga anak dengan satu anak berkebutuhan khusus dan anak terkecil masih berusia enam tahun, tentu saja menjadi tantangan tersendiri dalam mengatur keuangan.

Biaya pendidikan yang tiap tahun meningkat ditambah biaya kesehatan tentu membuat Shinta pandai-pandai mengatur skala prioritas. Apalagi suaminya, ayahanda Rafi dalam sepuluh tahun ke depan sudah memasuki masa pensiun.

Lantas bagaimana Shinta merencanakan keuangan keluarganya? "Yang saya lakukan sampai saat ini, berusaha semaksimal mungkin untuk lebih kecil pasak daripada tiang," kata Shinta.

Lebih jauh dia mengatakan, dalam merencanakan pengeluaran, seharusnya pengeluaran disesuaikan dengan kebutuhan prioritas dan urgensinya. Selain itu, Shinta juga memberikan tips agar tidak memaksakan pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

"Dengan demikian kita punya sisa dana lebih yang bisa kita gunakan untuk menabung," imbuhnya. Untuk urusan tabungan, Shinta mengaku menempatkan tabungan pendidikan dan tabungan kesehatan sebagai prioritas.

Alasan Shinta memilih tabungan pendidikan dibandingkan tabungan konvensional dikarenakan bunga tabungan konvensional relatif rendah. Adapun soal tabungan kesehatan, Shinta memastikan hal ini menjadi prioritas karena menyadari biaya perawatan Rafi yang tidak murah.

Terakhir, bukan hanya tabungan, Shinta mengatakan ia juga menyisihkan sejumlah dana untuk investasi. "Sampai saat ini kami masih komitmen untuk menabung dan investasi ke kegiatan Rafi dan beberapa hal lain," kata Shinta.

Category: 

loading...


News Feed

Berita Lainnya

loading...