25 November 2017

Nih Alternatif Pekerjaan yang Bisa Digeluti Lulusan Sastra

KONFRONTASI-Banyak kampus ternama yang menyediakan jurusan sastra untuk beragam bahasa. Minat studi untuk jurusan satu ini juga bisa dibilang cukup tinggi.

Belajar sastra memang tampak menarik, namun sudah tahukah kamu alternatif pekerjaan setelah lulus nanti? Jika belum, berikut beberapa di antaranya.

1. Pengajar bahasa

Sebagai lulusan sastra, tentu kamu akan menjadi ahli pada bahasa tertentu. Saat ini, setiap sekolah juga menyediakan mata pelajaran bahasa pendukung, seperti bahasa Perancis, Jepang, Mandarin, dan sebagainya. Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik menjadi guru, bisa mencoba alternatif pekerjaan ini.

2. Penulis

Penulis terlibat dalam penciptaan karya-karya fiksi dan nonfiksi, seperti puisi, cerita pendek, novel, dan naskah. Media baru juga membuka kesempatan bagi para penulis di berbagai bidang, seperti konten aplikasi ponsel dan naskah permainan komputer. Jika kamu punya bakat dan minat menulis, pekerjaan ini bisa memberikan prospek yang bagus. Kamu juga berkesempatan dikenal banyak orang lewat tulisan yang kamu terbitkan.

3. Reporter

Menjadi seorang reporter atau jurnalis membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik. Nah, jika kamu adalah lulusan sastra untuk bahasa tertentu, otomatis kamu sudah memiliki kemampuan bahasa yang bisa diperhitungkan. Dengan memiliki bahasa asing yang bagus, kamu berkesempatan liputan ke luar negeri dan mewawancarai orang-orang penting.

4. Public Relation

Bidang public relation (PR) bertujuan memperoleh pemahaman dan dukungan bagi klien serta mempengaruhi opini publik. Untuk itu, diperlukan keterampilan berbahasa tertentu, baik secara lisan maupun tulisan agar dapat memberikan penjelasan atau laporan yang diinginkan klien.

5. Leksikografer

Leksiografer adalah orang yang bekerja dalam penyusunan sebuah kamus. Leksikografer bekerja dengan menulis, mengompilasi, dan mengedit kamus, baik dalam bentuk cetak maupun yang dipublikasikan secara online. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan mencari arti dan menyusun definisinya dengan cara yang terstruktur.[mr/okz]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...