23 January 2017

Meraup Omzet Puluhan Juta Rupiah dari Kreasi Pot

KONFRONTASI-UMKM Mona Bersaudara milik Helmi (43) yang bergerak di bidang pembuatan pot, air mancur, pembuatan taman dan lainnya mampu meraup omzet hingga puluhan juta rupiah.

Sebagian besar produknya terbuat dari semen, yang sudah menjadi langganan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Riau, melalui proses tender.

Termasuk juga perusahaan-perusahaan swasta maupun daerah, hingga pesanan rumah tangga.

Usaha yang telah 24 tahun dijalani Helmi beserta suaminya ini memiliki omzet kotor sebesar 45 juta per tender. Sedangkan omzet bersih mencapai Rp 10 juta per tender.

''Untungnya tipis, tapi pasti,'' ujar Helmi di lokasi UMKM Mona Bersaudara di jalan Kubang Raya, Selasa (3/12).

Di sini, dirinya, suami dan sejumlah pekerja terlihat tekun. Mulai dari mencetak, memperhalus hingga mengecat pot. Bentuknya bermacam-macam sesuai pesanan.

Saat ini ada empat karyawan yang membantu Helmi dan suaminya dalam menjalani usahanya. Setiap pot jika dipesan banyak seperti pesanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemko Pekanbaru dihargai Rp 250 ribu dengan jenis pot beton.

Sedangkan jika orang rumah tangga yang pesan, maka pot beton tersebut dihargai Rp 750 ribu. Selain itu juga ada pot minimalis dengan harga Rp 50 ribu hingga Rp 80 ribu.

Sebelumnya usaha ini berlokasi di tempat tinggal mereka Pandau, namun lima tahun belakangan mereka mencoba pindah usaha.

Karena kawasan Jalan Kubang Raya berpotensi sebagai jalan besar, sehingga akan mempermudah langkah promosi mereka. Helmi beharap, UMKM-nya ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat Riau.

''Semoga usaha kami ini lancar, terus dapat pesanan dan tiada hambatan. Dan suatu saat dapat menjadi contoh bagi warga sekitar, membuka lapangan kerja dan bermanfaat bagi masyarakat,'' kata ibu lima anak ini.

Tidak hanya di Kota Pekanbaru, pot serta air mancur rancangan UMKM Helmi juga dipesan oleh Pemda di Bengkalis dan Siak.

Bisnisnya ini mampu merambah hingga luar daerah hanya dengan langkah promosi hasil pot-potnya yang berjejer di taman-taman.

UMKM Mona Bersaudara merupakan 1 dari belasan ribu UMKM yang ada di Kota Pekanbaru.

Bila 80 persen UMKM bergerak dibidang jasa boga, hanya segelintir yang memilih sektor seperti UMKM milik Helmi ini. [mr/jpnn]

Tags: 
Category: 

loading...
loading...

BACA JUGA:      

Loading...