22 January 2018

Budi Daya Pepaya Kalifornia Cukup Menjanjikan

KONFRONTASI- Kabupaten Lebak saat ini dinyatakan sebagai sentra budi daya tanaman pepaya Kalifornia di Provinsi Banten sehingga dapat menjadi andalan ekonomi petani setempat.

"Hampir semua kecamatan di Lebak mengembangkan budi daya pepaya Kalifornia mengingat permintaan pasar cenderung meningkat," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Dede Supriatna di Lebak, Sabtu (13/8).

Pengembangan budi daya tanaman pepaya Kalifornia karena cukup menjanjikan peningkatan pendapatan ekonomi petani. Selain itu juga tanaman pepaya Kalifornia cocok dikembangkan di Kabupaten Lebak juga bisa ditanam di lahan pekarangan rumah.

Pepaya Kalifornia merupakan varietas pepaya baru yang saat ini paling digandrungi oleh para petani dikarenakan tingginya permintaan pasar domestik hingga mancanegara. Selama ini, produksi pepaya Kalifornia di Kabupaten Lebak mencapai 100-200 ton per pekan.

"Produksi pepaya itu terbesar di Provinsi Banten, bahkan membanjiri pasar Induk Rau, Serang, Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang juga pasar Induk Keramat Jati, Jakarta," katanya.

Menurut dia, pepaya Kalifornia hasil pengembangan teknologi Institut Pertanian Bogor (IPB) dapat meningkatkan kesejahteraan petani Lebak. Keunggulan pepaya Kalifornia Lebak itu, selain buahnya lebih manis, tahan lama, dan dapat dipanen lebih cepat bila dibandingkan dengan pepaya varietas lain.

Pepaya Kalifornia bisa dipanen usia tujuh bulan hingga berlangsung empat tahun ke depan. "Kami mendorong agar petani mengembangkan pepaya kalifornia untuk memenuhi permintaan pasar," katanya.

Begitu juga Suryadi, seorang petani Kecamatan Curugbitung Kabupaten Lebak mengaku dirinya kini sudah tujuh tahun mengembangkan usaha pepaya kalifornia. Saat ini, dirinya mengembangkan pepaya Kalifornia seluas tiga hektare dan kemungkinan musim panen awal Oktober 2016.

"Jika musim panen diperkirakan bisa mendapatkan pendapatan sekitar Rp300-Rp400 juta selama tiga tahun," katanya..[mr/rol]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...